Arab Saudi Tetapkan 22 Februari sebagai Hari Pendirian Negara

Senin, 21 Februari 2022 - 18:28 WIB
loading...
Arab Saudi Tetapkan 22 Februari sebagai Hari Pendirian Negara
Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, H E Esam bin Ahmed Abed Al Thaqafi di kantornya, Senin (21/2/2022). Foto/Muhammad Farhan/MPI
A A A
JAKARTA - Pemerintah Arab Saudi akan menandai peringatan pertama Hari Pendirian Negara (Founding Day) pada 22 Februari besok dengan beragam kegiatan. Di dalam negeri, Raja Salman akan berpidato di hadapan rakyatnya.

Baca Juga: Arab Saudi
Baca juga: Aturan Pengeras Suara Masjid Sama Seperti di Arab Saudi dan Malaysia

Di luar negeri, berbagai kedutaan besar dan kantor perwakilan Arab Saudi akan memperingati Founding Day dengan berbagai acara.

"Kami berharap, ditetapkannya Hari Pendirian Negara Arab Saudi ini dapat memperkuat eksistensi kami di kancah global baik secara politik, ekonomi, sosial, budaya dan bidang lainnya karena sarat nilai historis," kata Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, H E Esam bin Ahmed Abed Al Thaqafi di kantornya, Senin (21/2/2022).

Founding Day setiap 22 Februari dideklarasikan oleh Raja Salman pada akhir Januari 2022. Dalam dekritnya, Raja Salman menyatakan bahwa negara Arab Saudi pertama oleh Imam Muhammad bin Saud berdiri pada pertengahan 1139 H atau Februari 1727 M.

"Itulah perwujudan persatuan dan keamanan di Semenanjung Arab setelah berabad-abad mengalami pergolakan," jelas Duta Besar Esam.

Arab Saudi juga memiliki hari besar lainnya yakni National Day pada 23 September. Itu adalah hari ketika Raja Abdulaziz al Saud mengumumkan penyatuan negara dengan nama Kerajaan Arab Saudi pada 1932. Baik Founding Day maupun National Day menjadi hari libur nasional di Arab Saudi.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1590 seconds (0.1#10.140)