14 Manuver JAT TNI AU Disambut Decak Kagum Pengunjung Singapore Air Show

Kamis, 17 Februari 2022 - 04:12 WIB
loading...
14 Manuver JAT TNI AU Disambut Decak Kagum Pengunjung Singapore Air Show
Jupiter Aerobatic Team (JAT) milik TNI AU tampil memukau dalam ajang Singapore Air Show, Rabu 16 Februari 2022. Foto: TNI AU
A A A
JAKARTA - Jupiter Aerobatic Team (JAT) milik TNI AU tampil memukau dalam ajang Singapore Air Show, Rabu 16 Februari 2022. Di hari pertama gelaran internasional itu, The Jupiters, julukan JAT l, tampil pada sesi penutup demo udara.

Sebanyak enam unit pesawat lepas landas dari Lanud Hang Nadim Batam menuju warming up area. JAT memasuki display area setelah penampilan pesawat F-35B US Marine dengan tanda panggilan Profane.

Meski langit di Changi Exhibition Center berawan, 14 manuver udara yang ditampilkan JAT berlangsung sempurna. Tim itu pun mendapat apresiasi serta decak kagum para pengunjung SAS 2022.

Diawali dengan manuver Jupiter Roll, 6 pesawat JAT melintas di depan pengungjung SAS 2022. Manuver pembuka ini sekaligus sebagai ungkapan rasa hormat The Jupiters kepada seluruh pengunjung.

Supervisor JAT tahun 2011, Marsda TNI Anang Nurhadi Susilo mengapresiasi seluruh manuver udara yang ditampilkan oleh JAT meski kondisi cuaca kurang bersahabat. Keberhasilan itu, bagi dia, menjadi bukti profesionalitas penerbang TNI AU.



"Penampilan full manuver,enam pesawat dengan 14 manuver pada cuaca berawan menujukan perfoma terbaik Jupiters pada hari ini. Hal ini menunjukkan profesionalitas penerbang TNI Angkatan Udara yang tidak diragukan lagi," ujar Anang.

Apresiasi yang sama turut disampaikan oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Republik Indonesia untuk Singapura Suryo Pratomo. Dia merasa bangga atas apa yang telah ditampilkan.

Menurut dia, Singapura memberikan kehormatan yang luar biasa kepada Indonesia. "Hal ini merupakan sebuah pengakuan yang sangat luar biasa," ujar Suryo.

Ditambahkannya, ekspos media Singapura sejak JAT melakukan latihan masuk dalam liputan utama foto di media Screat Time. Menurutnya, hal itu menunjukkan bahwa kehadiran team aerobatik kebanggaan Indonesia di air show menjadi sangat penting.

"Sejak kemarin saya terus mendapatkan banyak pujian dan kekaguman para pejabat dan staf Kementerian Perhubungan Singapura. Meraka mengirimkan foto pada saat Jupiters sedang latihan demo udara, mereka kagum dan memuji kehebatan penerbang TNI AU," pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1718 seconds (0.1#10.140)