Waspada! Episentrum Covid-19 Bisa Bergeser ke Luar Pulau Jawa

Rabu, 16 Februari 2022 - 16:30 WIB
loading...
Waspada! Episentrum Covid-19 Bisa Bergeser ke Luar Pulau Jawa
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta masyarakat untuk mewaspadai transmisi Covid-19 yang bisa menggeser episentrum. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meminta masyarakat untuk mewaspadai transmisi Covid-19 yang bisa menggeser episentrum. Saat ini episentrum Covid-19 berada di Jakarta dan perlahan bergeser ke Jawa Barat.

Airlangga mewanti-wanti kepada masyarakat bahwa episentrum Covid-19 bisa saja bergeser ke daerah lain termasuk di luar Pulau Jawa dalam dua minggu ke depan.

"Dan tentu pemerintah berharap bahwa masyarakat untuk terus waspada dalam menjaga agar transmisinya agar tidak terlalu meningkat. Dan oleh karena itu beberapa daerah sudah dikenakan level PPKM terutama sekarang di episentrumnya di Jakarta kemudian bergeser ke Jawa Barat dan tentu dalam dua minggu ke depan bisa ke luar Jawa," ujar Airlangga dalam jumpa pers secara daring, Rabu (16/2/2022).



Airlangga juga mengungkapkan bahwa saat ini kasus konfirmasi positif Covid-19 varian Omicron telah melebihi puncak varian Delta. Di berbagai daerah juga kasus konfirmasi harian juga telah melebihi gelombang varian Delta.

"Berdasarkan situasi yang membedakan kasus Delta dan Omicron ini tingkat BOR saat ini masih di angka yang 33,41%. Jadi ini yang membedakan dengan kasus Delta yang lalu," kata Airlangga.

Namun, dia menegaskan bahwa pemerintah telah menyediakan pelayanan telemedisin dan ketersediaan obat bagi para pasien positif Covid-19 dengan tanpa gejala yang melakukan isolasi mandiri ataupun terpusat.

"Pemerintah juga sudah mendorong dengan pelayanan telemedisin dan ketersediaan obat sehingga tentu bagi yang tanpa gejala maupun yang gejala ringan itu untuk dirawat isolasi mandiri di rumah atau kalau tidak memadai di isolasi terpusat," kata Airlangga.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1802 seconds (0.1#10.140)