Anggota DPR: Aspek Kehalalan Jadi Fokus Panja Vaksin

Senin, 14 Februari 2022 - 17:59 WIB
loading...
Anggota DPR: Aspek Kehalalan Jadi Fokus Panja Vaksin
Anggota Komisi IX DPR RI, Putihsari mengatakan, aspek kehalalan dalam program vaksinasi akan menjadi salah satu fokus pembahasan dalam Panitia Kerja (Panja) Vaksin. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengembangan jenis vaksin saat ini terus dilakukan oleh berbagai negara. Bukan tidak mungkin ketersediaan vaksin halal akan semakin terpenuhi.

Hal demikian disampaikan oleh Anggota Komisi IX DPR RI, Putihsari. Dia mengatakan, aspek kehalalan dalam program vaksinasi akan menjadi salah satu fokus pembahasan dalam Panitia Kerja (Panja) Vaksin.

"Ya karena pengembangan vaksin terus dilakukan oleh banyak negara, dan kemungkinan ketersediaan vaksin halal ke depan. Maka pertimbangan kehalalan masuk dalam salah satu pembahasan vaksin," kata Putihsari dalam siaran persnya, Senin (14/2/2022).



Ia mengatakan, sampai hari anggota Panja Vaksin Komisi IX DPR RI telah menyepakati beberapa isu lainnya yang akan masuk dalam pembahasan, termasuk soal timetable panja tersebut.

Putihsari menuturkan, keberadaan Panja Vaksin nantinya mengawasi proses vaksinasi dari hulu ke hilir agar program tersebut dapat berjalan sesuai dengan rencana dan target vaksinasi juga bisa tercapai.

Menurut dia, program vaksinasi ini harus dijalankan secara transparan dan akuntabel dari hulu ke hilir. Hal ini penting dilakukan untuk menghindari upaya penyalahgunaan dalam program penguatan imunitas tersebut.

"Dari mulai ketersediaan vaksin, lalu juga aspek keadilan sosial dari vaksin tersebut, kemudian juga bagaimana tata kelolanya. Ini kan harus transparan, harus akuntabel, dan jangan sampai proses vaksinasi ini terjadi penyelewengan atau penyalahgunaan," tutur politikus Partai Demokrat ini.

Baca juga: Pemerintah Wajib Sediakan Vaksin Covid-19 Halal Meski Mahal

"Jadi dari hulu ke hilir, ini akan menjadi pembahasan Panja Vaksin ke depannya," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1660 seconds (0.1#10.140)