HPN 2022, Pers Jadi Benteng Antisipasi Maraknya Hoaks

Kamis, 10 Februari 2022 - 09:49 WIB
loading...
HPN 2022, Pers Jadi Benteng Antisipasi Maraknya Hoaks
Anggota Komisi XI DPR Charles Meikyansah. FOTO/DPR RI
A A A
JAKARTA - Berita bohong atau hoaks masih menjadi tantangan besar bagi dunia jurnalistik di Indonesia. Karena itu, dalam momentum peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2022 ini isu mengenai hoaks harus menjadi bahan perenungan bagi semua pihak termasuk pers.

"Hoaks menjadi salah satu penyebab terjadinya disharmonisasi antarsesama karenanya pers penting untuk meluruskan, memberikan berita yang baik dan benar," kata Ketua DPP Partai NasDem bidang Media dan Komunikasi Publik, Charles Meikyansah dalam keterangan tertulisnya, Rabu (9/2/2022).

Mantan wartawan Metro TV ini mencontohkan data dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2021 menemukan 5.183 laporan hoaks terkait Covid-19. Sebanyak 767 di antaranya sudah diproses hukum. Sebanyak 5.183 laporan hoaks soal virus corona itu terdiri dari 2.004 isu. Kominfo pun sudah memblokir 5.046 di antaranya.



Belum lagi hoaks mengenai peristiwa-peristiwa lainnya. Maka, hoaks yang beredar di media sosial lebih banyak lagi jumlahnya. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa hoaks menjadi permasalahan semua pihak. "Pers sebagai garda terdepan untuk memininalisir penyebaran hoaks di masyarakat," ujar Charles.

Selain itu, Anggota Komisi XI DPR ini juga menekankan pentingnya peningkatan profesionalisme pers. Sebab, jika profesionalisme dikendurkan akan tergiling oleh dunia media sosial yang semakin pesat dan memanjakan masyarakat.

Anggota DPR dari Dapil Jatim IV yang meliputi wilayah Lumajang dan Jember itu meminta kepada pemerintah pusat dan daerah, juga kepada pengusaha media agar terus memperhatikan kesejahteraan pekerja media. Caranya, terang Charles, bisa dengan bekerja sama dalam merumuskan perlindungan dan jaminan kesejahteraan hidup bagi para pekerja media.

Baca juga: Hari Pers Nasional 2022, Anies: Terima Kasih Sudah Menjaga Proses Demokrasi

Terakhir, sebagai kader NasDem, Charles mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh insan pers dan media yang selama ini telah meliput dan menyebarkan berbagai kegiatan ataupun siaran pers yang dikeluarkan oleh Partai NasDem.

Dia yakin tanpa peran serta media, sulit untuk mengampanyekan dan menyosialisasikan berbagai program partai yang pro terhadap kepentingan masyarakat, baik itu di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota hingga ke wilayah desa/kelurahan hingga rukun tetangga (RT).

"Saya ucapkan terima kasih banyak kepada media dan saya ucapkan selamat Hari Pers Nasional 2022. Semoga insan pers kian profesional, eksis dan sejahtera," kata Charles.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1577 seconds (0.1#10.140)