Plus Minus Duet Anies Baswedan - Andika Perkasa

Selasa, 08 Februari 2022 - 13:40 WIB
loading...
Plus Minus Duet Anies Baswedan - Andika Perkasa
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Foto/Istimewa dan Antara
A A A
JAKARTA - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dinilai sebagai salah satu tokoh berlatar belakang militer yang cocok mendampingi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pilpres 2024. Hal tersebut merupakan pandangan dari Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago serta Pengamat Politik Tony Rosyid.

Diketahui, Andika Perkasa akan memasuki masa pensiun pada 21 Desember 2022. Sedangkan masa jabatan Anies Baswedan sebagai Gubernur DKI Jakarta akan berakhir pada 16 Oktober 2022.

Lalu, bagaimana peluang Anies Baswedan berpasangan dengan Andika Perkasa di Pilpres 2024? Kemudian, apa saja plus minus duet Anies - Andika?



“Anies - Andika Perkasa pasangan yang cukup ideal. Kombinasi sipil militer,” kata Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago kepada SINDOnews, Selasa (8/2/2022).

Namun, menurut Pangi, yang menjadi persoalan nantinya adalah soal siapa yang mau menjadi RI 2 atau calon wakil presiden (cawapres). “Takutnya baik Anies dan Andika ingin maju sebagai RI 1 (capres, red),” ujar Pangi.

Pangi pun membeberkan kombinasi ideal pasangan capres - cawapres hasil temuan Voxpol Center tertinggi adalah militer-sipil dan sipil-ulama atau nasionalis-religius. “Plus pasangan ini adalah kombinasi ideal yang disukai publik kedua setelah kombinasi nasionalis - religius,” imbuhnya.



Dia menambahkan, kelebihan lainnya duet Anies - Andika ini merupakan pasangan yang bisa saling melengkapi. Sebab, menurut dia, sebagian masyarakat masih ada yang tetap merindukan kepemimpinan militer setelah 10 tahun dipimpin presiden berlatar belakang sipil.

“Andika-Anies juga sangat menjual dan prospek ke depannya, tentu indikatornya dari tren pertumbuhan elektoral,” ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0730 seconds (0.1#10.140)