Sisi Lain Amien Rais yang Jarang Diketahui Publik

Minggu, 06 Februari 2022 - 04:50 WIB
loading...
Sisi Lain Amien Rais yang Jarang Diketahui Publik
M Amien Rais. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Amien Rais dikenal publik sebagai seorang politisi senior yang kerap kritis kepada pemerintah. Namun, di balik sikapnya tersebut, ada sisi lain yang jarang diketahui masyarakat luas.

Amien Rais adalah ketua Majelis Syura Partai Ummat . Sebelumnya, Amien mendirikan Partai Amanat Nasional (PAN) pada era Reformasi 1998 dan pernah memimpin langsung partai tersebut sebagai ketua umum.

Selain sebagai politisi, Amien Rais juga dikenal sebagai tokoh agama. Pria kelahiran Surakarta,26 April 1944 ini memimpin PP Muhammadiyah pada 1995-1998.

Di balik sikap kritis Amien terhadap penguasa dari masa ke masa, ada sisi lain dari suami Kusnasriyati Sri Rahayu tersebut. "Pak Amien Rais sangat memperhatikan wong cilik," kata Wakil Ketua Umum Partai Ummat Chandra Tirta Wijaya kepada SINDOnews, Jumat (4/2/2022) malam.



Chandra menceritakan, sepengetahuan dirinya selama mengikuti perjalanan Amien Rais bertahun-tahun, Tokoh Reformasi tersebut selalu memberi sedekah/hadiah kepada masyarakat yang kurang mampu, para pekerja seperti satpam, tukang parkir, porter, office boy, dan lain-lain yang ditemui di mana saja.

"Uniknya biasanya tidak langsung dikasih, ada yang ditanya dulu, misalnya sebutkan tiga nama Nabi/Rasul. Sebutkan Rukun Islam. Sebutkan Rukun Iman, atau berapa rakaat Salat Magrib," papar Chandra.
Sisi Lain Amien Rais yang Jarang Diketahui Publik

M Amien Rais. Foto/Istimewa/Chandra Tirta Wijaya

Mantan anggota DPR RI ini menceritakan, Amien Rais juga punya cara tersendiri saat memberikan hadiah tersebut. Misal, dengan meminta orang yang ingin diberinya hadiah itu melihat atau menuju jendela. "Ternyata di jendela tersebut ada hadiah yang telah diselipkan oleh Pak Amien," kata Chandra.

Chandra juga menceritakan, pernah satu kali di sebuah bandara office boy yang melayani Amien Rais tiba-tiba ditanya tentang Rukun Islam ada berapa. "Meski kaget, dijawab 5," kata Chandra.



Tak sampai di situ, Amien Rais meminta office boy tersebut menyebutkan apa Rukun Islam yang pertama. Karena kaget dan grogi, office boy lama menjawabnya. Begitu menjawab, malah keliru. Namun, setelah sadar jawabannya keliru lantaran grogi, office boy itu akhirnya lancar menyebutkan Rukun Islam.

Tentang kebiasaan Amien yang suka membagikan uang kepada karyawan di Gedung Muhammadiyah, di antaranya kepada satpam dan pekerja cleaning service, juga pernah diungkap mantan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Dahnil Anzar Simanjuntak .

"Kalau Pak Amien ke Gedung Muhammadiyah, baik saat masih menjadi Ketua Umum PP Muhammadiyah maupun ketika sudah tidak jadi ketua umum. Itu karyawan-karyawan Muhammadiyah, satpam, cleaning service, itu pasti sudah tahu dan siap-siap semuanya menunjukkan diri. Kenapa begitu? Karena mereka tahu Pak Amien pasti bagi duit, kenapa itu Pak," tanya Dahnil kepada Amien, melalui Channel YouTube-nya, DAS Official,18 Mei 2020.

Amien pun menceritakan awal kebiasaan itu. Saat dirinya menjadi pimpinan Muhammadiyah, setiap hari Senin dan Kamis, semua karyawan makan bubur menjelang salat Zuhur. "Saat itu saya bilang semua karyawan boleh makan dua mangkok, berapa kan, toh kan tidak banyak (harganya-red)," tuturnya.

Dia juga menceritakan saat itu dirinya juga mengajak semua karyawan Gedung Muhammadiyah, termasuk pekerja cleaning service, pengetik surat untuk ikut ke Muktamar Muhammadiyah di Aceh. "Semua harus ikut bergembira, ikut muktamar ke Aceh," katanya.



Bagi yang berangkat, sambung Amien, diberikan tiket dan uang saku. Sementara bagi yang tidak ikut, juga mendapatkan uang saku yang jumlahnya sedikit lebih besar.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1766 seconds (0.1#10.140)