Covid-19 Melonjak, Bamsoet Usul Lockdown Regional

Kamis, 03 Februari 2022 - 05:25 WIB
loading...
Covid-19 Melonjak, Bamsoet Usul Lockdown Regional
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet).Foto/SINDOphoto/Dok
A A A
JAKARTA - Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia kembali mengalami lonjakan signifikan dalam beberapa waktu belakangan. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memprediksi akan terjadi puncak gelombang ketiga kasus Covid-19 pada pertengahan bulan ini.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo ( Bamsoet ) meminta agar pemerintah siaga mengantisipasi terjadinya kemungkinan terburuk dalam gelombang ketiga kasus Covid-19. Politikus Golkar tersebut pun mengusulkan agar pemerintah menarik rem darurat dan menerapkan lockdown regional.

"Segera mengambil sikap dan kebijakan untuk menarik rem darurat yakni melakukan pembatasan mobilitas masyarakat di seluruh sektor hingga mempertimbangkan opsi lockdown regional di tengah situasi pandemi Covid-19 yang terus mengalami lonjakan," kata Bamsoet melalui pesan singkatnya, Kamis (3/2/2022).

"Mengingat, lockdown regional ini dinilai sebagai opsi paling riil yang bisa memutus rantai penularan Covid-19," lanjutnya.
Tak hanya itu, mantan Ketua DPR RI ini juga meminta agar seluruh lapisan masyarakat tetap disiplin melaksanakan prokes. Bamsoet ingin lonjakan kasus Covid-19 saat ini dijadikan sebagai peringatan bahwa penyebaran Covid-19, khususnya akibat varian omicron sudah semakin mengkhawatirkan.

"Sehingga, diharapkan masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan, tetap menggunakan masker dan menjauhi kerumunan, juga membatasi aktivitas di luar rumah, mematuhi dan melaksanakan imbauan ataupun aturan pemerintah yang berlaku terkait upaya penanganan dan penanggulangan pandemi," ungkapnya.

Bamsoet meminta kepada pemerintah pusat, pemerintah daerah dan Satgas Penanganan Covid-19 terus berkoordinasi dan melakukan monitoring serta pengecekan kesiapan dan ketersediaan fasilitas kesehatan. Khususnya, kata dia, di setiap rumah sakit rujukan Covid-19.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI itu meminta agar pemerintah menyiapkan rumah sakit darurat Covid-19, menambah relawan yang dikhususkan penanganan virus ini, hingga memastikan ketersediaan obat-obatan dan alat pendukung medis lainnya.

"Hal ini sebagai upaya antisipasi dalam mencegah kolapsnya fasilitas kesehatan akibat terus meningkatnya kasus Covid-19 di tanah air," kata dia. Bamsoet juga berharap pemerintah terus meningkatkan upaya testing dan tracing guna mengetahui tingkat penyebaran dan penularan Covid-19.

Sejalan dengan itu, pemerintah juga didorong untuk terus berupaya mengakselerasi vaksinasi Covid-19 mulai dari dosis pertama, kedua hingga dosis ketiga (booster).

"Meminta juga komitmen pemerintah dan Satgas penanggulangan Covid-19 untuk terus berupaya sekuat tenaga dalam menekan dan mencegah terjadinya gelombang ketiga Covid-19, dengan mengatur strategi penanganan pandemi yang disesuaikan dengan kondisi penyebaran pandemi saat ini," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2415 seconds (0.1#10.140)