Waduh! 100 Calon Taruna Kemenkumham Positif Covid-19

Rabu, 02 Februari 2022 - 21:21 WIB
loading...
Waduh! 100 Calon Taruna Kemenkumham Positif Covid-19
Sebanyak 100 dari 641 calon taruna Kemenkumham yang sedang menempuh pendidikan di SPN Lido terkonfirmasi positif Covid-19. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) pada Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) menerima 641 calon taruna ( catar ) yang akan belajar di Politeknik Imigrasi (Poltekim). Namun dari 641 catar yang akan menempuh pendidikan di Sekolah Kepolisian Negara (SPN) Lido tersebut, diketahui terdapat 100 orang positif Covid-19 .

Kasubag Humas dan Protokol BPSDM Sopi Ahyar Ibrahim menjelaskan sejak tes swab yang dilakukan oleh tenaga kesehatan SPN pada tanggal 2 Februari 2022, diketahui 100 orang telah terpapar virus Corona.

"Pada tanggal dua Februari 2022, Taruna Poltekim dikirim ke SPN Lido guna mengikuti masabasis. Berdasarkan hasil swab yang dilakukan tenaga kesehatan dari SPN didapatkan hasil sebanyak 100 taruna positif," ujar Sopi melalui keterangan pada Rabu (2/2/2022).



Sopi menegaskan Kemenkumham telah menghentikan seluruh kegiatan pendidikan catar tersebut. Dia pun menambahkan kebijakan yang sama berlaku juga pada kegiatan perkantoran di lingkungan BPSDM.

"Seluruh kegiatan calon taruna pada masa basis dihentikan. Kemudian BPSDM juga melakukan penghentian kegiatan perkantoran di lingkungan BPSDM," jelas Sopi.

Setelah teridentifikasi adanya catar yang positif, Sopi menyampaikan keseluruhannya telah dikarantina mandiri secara terpusat.

"Bagi calon taruna yang terkonfirmasi positif, telah dilaksanakan isolasi mandiri terpusat di Asrama AL empat, Tangerang. Dan bagi Catar yang tidak terkonfirmasi, dilaksanakan karantina terbatas di asrama masing-masing," tambah Sopi.



Sopi juga berujar saat ini seluruh jajaran pegawai BPSDM sedang menjalani tes swab guna melacak persebaran serta mencegah kluster baru di Lido.

"(Kami sedang) Melakukan swab antigen kepada seluruh Pembina, Civitas Akademika, serta pegawai di lingkungan BPSDM," katanya.

Selain itu, Sopi tegaskan pihaknya terus berkoordinasi dengan Puskesmas Cinere terkait update laporan perkembangan. "Untuk catar yg yang tidak terkonfirmasi ataupun sedang proses penyembuhan di tempatkan di Cinere," pungkas Sopi.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1921 seconds (0.1#10.140)