Menhan Prabowo Dukung Pemasaran Pesawat CN235 ke Internasional

Rabu, 02 Februari 2022 - 17:16 WIB
loading...
Menhan Prabowo Dukung Pemasaran Pesawat CN235 ke Internasional
Menhan Prabowo Subianto mendukung penuh pemasaran pesawat CN235 ke pasar internasional. FOTO/KEMHAN
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto melakukan kunjungan kerja ke PT Dirgantara Indonesia (Persero), Bandung, Rabu (2/2/2022). Dalam kunjungannya, dia memastikan dukungan penuh pemerintah kepada PTDI untuk memperluas pemasaran CN235 ke pasar internasional.

"Saya dukung penuh kerja sama dalam rangka memasarkan produk-produk PTDI terutama CN235 ke pasar internasional," kata Menhan Prabowo melalui keterangan tertulis, Rabu (2/2/2022) sore.

Prabowo menyebut, negara-negara lain telah menyatakan minat terhadap pesawat CN235. Adapun di antaranya, Afrika, Timur Tengah, Amerika Latin, dan beberapa negara Asia dan Eropa.



"Oleh karena itu, momentum ini harus dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh PTDI," katanya.

Dia mengatakan bahwa telah direncanakan pembelian 10 pesawat CN235 produksi PTDI yang merupakan pesawat multirole oleh pemerintah Indonesia. Menhan berharap PTDI dapat meningkatkan kapasitas produksinya.

"Dari yang saat ini empat unit pesawat CN235 per tahun agar dapat meningkat menjadi 24 unit pada tiga tahun mendatang secara berkala untuk memenuhi permintaan dari dalam negeri dan luar negeri," ujarnya.

Dalam meningkatkan kapasitas industri pertahanan dalam negeri, Kementerian Pertahanan (Kemhan) senantiasa mendukung dengan memaksimalkan kesepakatan Transfer of Technology (ToT) dan offset dari negara lain. "Kita boleh beli sebagian ke mitra luar negeri, tetapi syaratnya ada ToT dan offset. Dia harus membantu mengembangkan PTDI. Dia harus investasi di sini," katanya.

Baca juga: Prabowo Tantang PTDI Produksi 24 Unit Pesawat CN235 Per Tahun

Pada hari ini, dilaksanakan pula penandatanganan MoU tentang kerja sama penjualan dan pengembangan pesawat CN235 antara PTDI dengan Jet Investment Group SARL, di Hanggar Fixed Wing Final Assembly Line, PTDI, Bandung.

Penandatanganan MoU antara PTDI dan Jet Investment Group SARL dilaksanakan oleh Direktur Utama PTDI Marsda TNI Gita Amperiawan dan CEO Jet Investment Group SARL Yves-Michel Deloche.

"Kita ingin mengembalikan PTDI pada tingkat yang pernah dicapai dan kembali menjadi kebanggaan bangsa sebagai bukti kebangkitan Indonesia," katanya.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)