Respons Perintah Jokowi, Mabes Polri Bakal Tindak Tegas ‘Pemain’ Karantina

Selasa, 01 Februari 2022 - 13:11 WIB
loading...
Respons Perintah Jokowi, Mabes Polri Bakal Tindak Tegas ‘Pemain’ Karantina
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menegaskan Mabes Polri bersama Satgas Covid-19 akan mengoptimalkan pengawasan di pintu keberangkatan maupun kedatangan pelaku perjalanan internasional. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mengusut tuntas permainan karantina yang banyak dikeluhkan warga, khususnya warga asing. Mabes Polri merespons perintah ini denan janji untuk menindak para oknum ataupun pihak yang bermain-main di balik kebijakan karantina kepada pelaku perjalanan dari luar negeri.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebutkan pihaknya akan menindak tegas oknum yang melakukan permainan Kekarantinaan tidak sesuai dengan standar prosedur yang berlaku.

"Intinya Polri akan turun bersama stake holders terkait dan akan tindak tegas kepada siapapun yang terbukti melakukan pelanggaran kekarantinaan," ujar Dedi Prasetyo ketika dikonfirmasi awak media, Selasa (1/2/2022).



Ia menyebutkan pihak Polri bersama Satgas Covid-19 bersama-sama akan melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk kedatangan dan keberangkatan pelaku perjalanan luar negeri dengan lebih optimal. "Ya, nanti bersama satgas dan memantau dengan menggunakan aplikasi karantina presisi," tutur Dedi Prasetyo.

Sebagaimana diketahui sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo memerintahkan Polri untuk mengusut tuntas dugaan permainan karantina setelah sejumlah Warga Negara Asing (WNA) mengadukan permainan karantina.

Arahan Presiden Jokowi disampaikan saat Rapat Terbatas mengenai Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) dari Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Kota Balikpapan, Senin (31/1/2022) .



Ia mengingatkan agar disiplin dalam melakukan pengetatan di pintu-pintu masuk dan pelaksanaan proses karantina yang benar dari luar negeri.

"Saya masih mendengar dan ini saya minta Kapolri untuk mengusut tuntas permainan yang ada di karantina. Sudah, karena saya sudah mendengar dari beberapa orang asing komplain ke saya mengenai ini," kata Jokowi seperti yang dimuat di halaman Sekretariat Kabinet RI pada Selasa (1/2/2022).
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4162 seconds (0.1#10.140)