Survei: Elektabilitas Prabowo Kokoh di Puncak, Anies dan Ganjar Terpaut Tipis

Senin, 31 Januari 2022 - 11:45 WIB
loading...
Survei: Elektabilitas Prabowo Kokoh di Puncak, Anies dan Ganjar Terpaut Tipis
Hasil survei Trust Indonesia Research and Consulting menunjukkan elektabilitas Menhan Prabowo Subianto sebagai capres 2024 tertinggi sebesar 25%. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Trust Indonesia Research and Consulting mengukur dinamika elektoral jelang Pemilihan Presiden ( Pilpres) 2024 mendatang. Hasilnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto masih memiliki elektabilitas tertinggi.

Direktur Eksekutif Trust Indonesia, Azhari Ardinal menyampaikan bahwa untuk mengukur peta elektoral ini pihaknya menggunakan salah satu metode survei yakni dengan pertanyaan tertutup.

"Pak Prabowo Subianto itu 25%," kata Azhari dalam paparan hasil survei secara daring, Senin (31/1/2022).



Selanjutnya, persaingan ketat justru terjadi dalam perebutan peringkat kedua. Terlihat, hasilnya juga berbeda tipis. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menduduki peringkat kedua dengan elektabilitas sebesar 16,3%, sementara Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebesar 16,1%.

Sementara, elektabilitas peringkat keempat terlihat terpaut jauh untuk masuk ke zona tiga besar. Peringkat ini diduduki oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno dengan elektabilitas sebesar 7,8%, disusul Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 5,7%.

Kemudian, di peringkat keenam terdapat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebesar 3,4% dan menyusul di peringkat selanjutnya adalah Ketua DPR RI Puan Maharani dengan elektabilitas sebesar 2,8%. "Undecided voters sebesar 9,3%," ujarnya.

Survei: Elektabilitas Prabowo Kokoh di Puncak, Anies dan Ganjar Terpaut Tipis


Baca juga: Ditanya Kapan Deklarasi Capres 2024, Tawa Prabowo Subianto Pecah

Untuk diketahui, Trust Indonesia Research and Consulting telah melakukan survei ini pada 3-12 Januari 2022 secara tatap muka langsung. Sebanyak 1.200 responden dipilih mengikuti survei ini.

Sementara, teknik pengambilan sampel menggunakan multistage random sampling, dengan menetapkan margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan sebesar 95%.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2033 seconds (0.1#10.140)