Bareskrim Bakal Panggil Paksa Edy Mulyadi

Jum'at, 28 Januari 2022 - 14:32 WIB
loading...
Bareskrim Bakal Panggil Paksa Edy Mulyadi
Bareskrim Polri menyatakan bakal memanggil paksa Edy Mulyadi untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus tindak pidana dugaan ujaran kebencian. FOTO/TANGKAPAN LAYAR
A A A
JAKARTA - Bareskrim Polri menyatakan bakal memanggil paksa Edy Mulyadi untuk diperiksa sebagai saksi dalam kasus tindak pidana dugaan ujaran kebencian. Edy sebelumnya menyebut Kalimantan Timur sebagai tempat jin buang anak.

Kabareskrim Polri Komjes Agus Andrianto mengungkapkan, dalam pemanggilan kedua nanti, pihaknya akan melampirkan surat panggilan dengan perintah membawa Edy Mulyadi. "Panggilan kedua dengan perintah membawa," kata Agus saat dikonfirmasi, Jakarta, Jumat (28/1/2022).

Agus menjelaskan, surat panggilan kedua tersebut bisa saja disiapkan ataupun dikirimkan langsung ke Edy Mulyadi pada hari ini. "Saya rasa bisa hari ini langsung diterbitkan atau Senin," ujar Agus.



Edy Mulyadi seharusnya diperiksa sebagai saksi dalam perkara tersebut di Bareskrim Polri hari ini. Namun, Pengacara Edy, memastikan bahwa kliennya tak bisa hadir.

"Kami dari tim kuasa hukum Edy Mulyadi, hari ini beliau dipanggil tepatnya jam 10.00, kebetulan Pak Edy Mulyadi tidak bisa hadir hari ini, ada halangan," kata kuasa hukum Edy, Herman Kadir di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Jumat (28/1/2022).

Menurut Herman, pihaknya melayangkan surat ketidakhadiran dari kliennya terkait dengan penyidikan kasus dugaan ujaran kebencian. "Jadi kami hari ini hanya mengantarkan surat untuk penundaan pemeriksaan kepada Mabes Polri," kata Herman.

Baca juga: Edy Mulyadi Mangkir, Bareskrim Siapkan Panggilan Kedua

Di sisi lain, Herman mengklaim, ketidakhadiran kliennya lantaran proses pemanggilan tidak sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

"Alasannya pertama prosedur pemannggilan tidak esuai dengan KUHAP. Jadi kan itu minimal harus tiga hari, ini baru dua hari sudah ada pemanggilan, intinya itu sudah tidak sesuai dengan KUHAP. Kami minta itu diperbaiki lagi surat pemanggilan," ucap Herman.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1807 seconds (0.1#10.140)