Profil Kombes Pol Yunus Hadith Pranoto, Sekpri Jokowi yang Dekat Ulama dan Masyarakat

Rabu, 26 Januari 2022 - 14:29 WIB
loading...
Profil Kombes Pol Yunus Hadith Pranoto, Sekpri Jokowi yang Dekat Ulama dan Masyarakat
Kombes Pol Yunus Hadith Pranoto saat menjabat sebagai Kapolres Serang Kota menyambut Habib Luthfi bin Yahya. Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerbitkan telegram rotasi dan mutasi sejumlah Perwira Tinggi (Pati) dan Perwira Menengah (Pamen) Polri. Salah satu Pamen yang dimutasi adalah Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasda Polda Metro Jaya Kombes Pol Yunus Hadith Pranoto.

Dalam telegram nomor ST/165/I/KEP./2022 tanggal 24 Januari 2022 yang ditandatangani oleh Asisten SDM Polri Irjen Wahyu Widada atas nama Kapolri tersebut tertulis nama Kombes Pol Yunus Hadith Pranoto dimutasi sebagai pamen SSDM Polri dengan penugasan sebagai Sekretaris Pribadi (Sekpri) Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Selanjutnya, posisi Auditor Kepolisian Madya TK III Itwasda Polda Metro Jaya yang ditinggalkan Yunus Hadith akan diisi oleh AKBP Yamin Dian Priono yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirbinmas Polda Papua.



Siapa sosok Kombes Pol Yunus Hadith Pranoto, sehingga dipercaya menjadi Sekpri Presiden RI?

Berdasarkan data yang dihimpun, Kombes Pol Yunus Hadith Pranoto merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 2000. Selama mengabdi di Korps Bhayangkara, pria kelahiran Pekalongan, Jawa Tengah 14 Januari 1979 ini pernah menduduki jabatan strategis di antaranya, Kapolres Serang Kota, Polda Banten.



Selama menjabat Kapolres Serang Kota, Yunus Hadith sangat dicintai masyarakat karena memberikan kenyamanan, dan mampu membangun hubungan harmonis dengan instansi terkait sehingga dikenal dengan sebutan Kapolres yang baik hati. Selama pandemi, ayah dari tiga orang ini selalu memberikan bantuan bagi masyarakat yang terdampak Covid-19. Selain itu, Yunus Hadith juga mampu mengungkap sejumlah kasus kriminalitas yang menonjol seperti tawuran gangster, narkoba dan sebagainya.

Setelah menjabat selama satu tahun tiga bulan terhitung sejak 18 Mei 2020 hingga hingga 26 Juli 2021, suami dari Yeta Yunus ini kemudian dimutasi Kabagkerma Roops Polda Banten.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2410 seconds (0.1#10.140)