Rio: NasDem-Golkar beda visi, beda gerakan

Rabu, 22 Agustus 2012 - 11:17 WIB
Rio: NasDem-Golkar beda visi, beda gerakan
Rio: NasDem-Golkar beda visi, beda gerakan
A A A
Sindonews.com – Ketua Umum DPP Partai NasDem Patrice Rio Capella angkat bicara menanggapi pernyataan mantan Ketua Umum DPP Partai Golkar Jusuf Kalla (JK) yang mengatakan bahwa NasDem dan Golkar memiliki jiwa yang sama.

Menurut Rio, visi gerakan perubahan yang diusung partainya dengan sejumlah tindakan yang dilakukan JK sebagai tokoh nasional yang juga kader Golkar hampir sama. Namun, dia menolak jika NasDem dikatakan sama persis dengan partai berlambang pohon beringin itu.

“Perbedaannya bahkan sangat jauh. Visi yang diangkat Golkar bukan lagi sesuatu yang baru, melainkan mempertahankan status quo.Hal ini tentu berbeda dengan visi NasDem sebagai partai baru. Visi kami adalah bagaimana Republik ini bisa menjadi sebuah negeri yang jauh lebih baik dengan semangat perubahan,” ujar Rio di Jakarta, Selasa 21 Agustus 2012.

Dia juga mencontohkan perbedaan mendasar pandangan dan gerakan Partai NasDem dengan Golkar dalam konteks Pemilu 2014 mendatang. “Kami memandang presidential threshold pencalonannya berdasar ranking, tapi Golkar berdasar persen,” tandasnya.

Sebelumnya, JK mengaku yakin Golkar dan NasDem bisa bersinergi dalam membangun bangsa ke depan.“Merek boleh beda, tapi jiwanya sama,” kata JK ketika ditanya isi pembicaraan antara dirinya dan Ketua Umum Ormas Nasional Demokrat Surya Paloh saat open house di kediamannya, di Jalan Brawijaya, Jakarta, Senin 20 Agustus 2012.

Sementara itu, Surya Paloh mengatakan bahwa yang terpenting ke depan adalah bagaimana semua parpol berbuat baik bagi bangsa. “Kita memang tadi ngobrol bahwa kita semua ini adalah golongan karya. Bagaimana caranya berkarya yang terbaik bagi bangsa,” ungkap Surya.

Ketua DPP Partai Golkar Priyo Budi Santoso menilai sikap yang ditunjukkan oleh JK dan Surya Paloh menunjukkan kapasitas dan bobot ketokohan mereka dalam berpartai. Menurut dia, wadah yang berbeda tidak kemudian menyurutkan atau mengurangi orientasi keduanya dalam upaya berbuat yang terbaik untuk bangsa.
(kur)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5971 seconds (0.1#10.140)