Jawa-Bali Jadi Pusat Penularan Omicron, Kemendagri Minta Daerah Genjot Vaksinasi

Selasa, 25 Januari 2022 - 08:12 WIB
loading...
Jawa-Bali Jadi Pusat Penularan Omicron, Kemendagri Minta Daerah Genjot Vaksinasi
Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri Safrizal mengatakan wilayah Jawa-Bali menjadi pusat penularan varian Omicron. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Kewilayahan (Adwil) Kemendagri Safrizal mengatakan wilayah Jawa-Bali menjadi pusat penularan varian Omicron . Di mana sebagian kasus terjadi di wilayah Jabodetabek.

Safrizal pun meminta agar pemerintah daerah melakukan akselerasi vaksinasi booster di kabupaten/kota dengan tingkat capaian vaksinasi yang sudah tinggi.



“Jawa-Bali merupakan episenter Covid-19 Omicron, maka vaksinasi dosis kedua untuk lansia harus terus dikejar. Pemda serta jajaran Forkopimda diharapkan untuk terus mengejar vaksinasi dosis 2 untuk umum dan lansia mencapai 70%. Begitu pula halnya dengan Vaksinasi anak mengingat PTM sudah dilakukan 100%,” katanya, Selasa (25/1/2022).



Safrizal juga meminta agar deteksi dini dapat ditingkatkan. Di antaranya dengan penguatan pelacakan kontak erat dan pengetatan di pintu masuk kedatangan.

“Deteksi dapat ditingkatkan dengan tes epidemiologi versus tes screening, meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak, surveilans genomik di daerah berpotensi lonjakan kasus, serta penguatan surveilans di pintu masuk negara,” katanya.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1184 seconds (0.1#10.140)