Panglima TNI Ungkap Capaian MEF, Angkatan Darat Paling Tinggi

Senin, 24 Januari 2022 - 16:05 WIB
loading...
Panglima TNI Ungkap Capaian MEF, Angkatan Darat Paling Tinggi
Suasana rapat kerja Panglima TNI Jenderal Andika dengan Komisi I DPR di Gedung Nusantara II Senayan, Jakarta Pusat, Senin (24/1/2022). Foto/Carlos Roy Fajarta
A A A
JAKARTA - Minimum Essential Force (MEF) dari satuan TNI Angkatan Darat (AD) memiliki capaian tertinggi dibanding matra lainnya. Hal tersebut disampaikan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Baca Juga: Panglima TNI


Kemudian untuk Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) capaian MEF nya masih jauh lebih kecil dibanding AD.

"Angkatan Laut 59,69 persen, dan Angkatan Udara 51,01 PersenSehingga apabila kita rata-rata pencapaian Minimum Esensial Force TNI tahun lalu baru 62,31 persen," tutur Andika Perkasa.

Ia menyebutkan dinamika dari capaian MEF tersebut bergantung pada arah kebijakan pemerintah. Sehingga TNI hanya menjalankan teknis pelaksanaannya.

"Sebetulnya sesuai dengan apakah itu peraturan Menteri Pertahanan, Peraturan Presiden, jadi yang dilakukan heavy-nya di MEF ini adalah pengadaan dan penghapusan. Sehingga ada penurunan capaian MEF," kata Andika Perkasa.

Sebagaimana diketahui Komisi I DPR bersama Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melaksanakan Rapat Kerja dengan Panglima TNI dengan menghadirkan Panglima TNI, KSAD, KSAL, KSAU, terkait sejumlah program.

Program tersebut yakni Pencapaian target program MEF TNI Tahun 2021, Skenario TNI terhadap dinamika keamanan di Laut China Selatan dan Indo-Pasifik, Perkembangan penanganan kasus-kasus hukum prajurit TNI, Strategi dan pendekatan TNI dalam menyelesaikan permasalahan di Papua dan Papua Barat.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1762 seconds (0.1#10.140)