Letjen Bakti Agus Fadjari Dimutasi, Pengamat: 2 Jabatan Punya Level Setara

Senin, 24 Januari 2022 - 05:38 WIB
loading...
Letjen Bakti Agus Fadjari Dimutasi, Pengamat: 2 Jabatan Punya Level Setara
Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Letjen TNI Bakti Agus Fadjari dimutasi dari jabatannya. Dirinya menempati posisi baru sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI. Foto/Tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Letjen TNI Bakti Agus Fadjari dimutasi dari jabatannya. Dirinya menempati posisi baru sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Akademi TNI.

Sementara posisi Wakil KSAD diisi oleh Mayjen TNI Agus Subiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Pangdam III/Siliwangi. Mutasi tersebut sesuai dengan SK Jabatan Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI tertanggal 21 Januari 2022.

Pengamat Militer Institute for Security and Strategic Studies (ISESS) Khairul Fahmi menilai tidak ada yang salah dari dipindahtugaskannya Letjen Bakti Agus. Menurut dia, Wakil KSAD dan Danjen Akademi TNI merupakan jabatan yang setara lantaran diisi perwira tinggi (Pati) Bintang 3.

Baca juga: Profil Singkat Letjen TNI Bakti Agus Fadjari, Salah Satu Calon Kuat KSAD



"Menurut saya tidak ada yang salah dari mutasi itu. Kedua jabatan ini ada pada level yang setara, yaitu jabatan bintang tiga," kata Fahmi ketika dihubungi, Minggu (23/1/2022).



Dia mengatakan, dari sisi kewenangan dan tanggung jawab, Danjen Akademi TNI itu memegang tongkat komando. Menurutnya, jabatan itu memimpin organisasi, membuat kebijakan, dan mengelola anggaran.

"Wakil KSAD adalah posisi orang nomor dua, mewakili KSAD dalam memimpin TNI AD, memberikan dukungan pada pembuatan kebijakan dan terbatas kewenangannya dalam pengelolaan anggaran," jelasnya.

Kendati demikian, dimutasinya seorang Wakil KSAD bukanlah kali pertama terjadi. Fahmi memberikan contoh Letjen TNI Muhammad Munir yang pada 2015 dimutasi menjadi Pati Mabes TNI AD.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2533 seconds (11.252#12.26)