Buku Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Mengabdi untuk Rakyat Diharapkan Jadi Inspirasi Bekerja Total

Minggu, 23 Januari 2022 - 20:03 WIB
loading...
Buku Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Mengabdi untuk Rakyat Diharapkan Jadi Inspirasi Bekerja Total
Soft launching buku Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Mengabdi Untuk Rakyat yang ditulis Yadi Hendriana dan Herik Kuriniawan serta disunting oleh Marsma TNI Mukti Arja Berlian digelar di Bentara Budaya, Yogyakarta, Minggu (23/1/2022). Foto/SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Soft launching buku Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Mengabdi Untuk Rakyat yang ditulis Yadi Hendriana dan Herik Kuriniawan serta disunting oleh Marsekal Pertama (Marsma) TNI Mukti Arja Berlian digelar di Bentara Budaya, Yogyakarta, Minggu (23/1/2022). Yogyakarta sendiri menjadi kota pertama yang mendapatkan buku tersebut.

Buku yang terdiri dari 8 bab ini menceriakan dedikasi Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dari awal menjadi prajurit TNI hingga menjadi Panglima TNI. Penulisan hingga pembuatan buku berlangsung selama satu tahun. Baca juga: Keakraban Komandan Lapangan Mandalika Hadi Tjahjanto Terima Pembalap Moto3 asal Magetan

Herik Kurniawan mengatakan mengapa memutuskan membuat buku ini karena peridoe kempemimpinan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI banyak tantangan yang berbeda dan banyak hal yang harus dihadapi.



Pertama harus mengamankan Pilkada Serentak, kemudian mengamankan pemilihan legislatif (Pileg) dan pemilihan presiden (Pilpres) yang diselenggarakan bersamaan. Selain itu juga banyak bencana yang terjadi. Di mana TNI juga ikut serta dalam mengatasinya.

"Kemudian ada Pekan Olahraga Nasional (PON), Asian Games dan even-even nasional dan terakhir pandemi Covid-19,” kata Herik.

Jadi jelas di masa Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menjadi Panglima TNI permasalahannya begitu kompleks dan diharapkan tidak lagi terjadi di masa mendatang. Tapi melihat kenyataanya Panglima TNI menghadapi begitu banyak persoalan menjadi contoh yang bagus dan bisa menginspirasi semua orang.

"Bagaimana seorang pemimpin bisa bekerja dengan sepenuh hati, bekerja luar biasa. Sehingga dengan endurance yang hebat banget, beliau dapat mengerjakannya melampaui yang dibayangkan sebagai Panglima TNI.”

“Saya membayangkan tugas TNI adalah perang, perang, dan perang. Tetapi ternyata ada tugas dan fungsi lain TNI, yakni membantu instansi lain, seperti tugas polisi dan sebagainya dalam menjaga negeri ini dari berbagai persoalan,” sambungnya.

Selain itu, juga ada sisi humanisme dalam buku ini. Seperti bagaimana Hadi Tjahjanto langsung turun ke masyarakat dalam mengatasi berbagai persoalan. Misal sosialisasi protokol kesehatan (prokes) langsung turun ke tengah masyarakat langsung menyematkan masker ke warga. Ini merupakan hal yang spesial dilakukan oleh orang tertinggi di militer Indonesia itu.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2232 seconds (11.252#12.26)