Akhirnya, Panglima TNI Ungkap Siapa yang Akan Mengisi Kursi Pangkostrad

Selasa, 18 Januari 2022 - 07:53 WIB
loading...
Akhirnya, Panglima TNI Ungkap Siapa yang Akan Mengisi Kursi Pangkostrad
Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Hingga saat ini jabatan Pangkostrad masih kosong sepeninggalan Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yang dilantik Presiden sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD). Terhitung sekitar 2 bulan jabatan itu kosong atau lebih tepatnya sejak 17 November 2021.

Baca Juga: Pangkostrad
Baca juga: Kursi Pangkostrad Lama Dibiarkan Kosong, Politikus PDIP: Ini Ada Apa?

Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa membeberkan bocoran bahwa jabatan strategis itu dapat diisi oleh seluruh Pati bintang 2 atau Mayjen yang dinilai layak.



"Semua bintang 2 yang eligible (layak). Nah itu untuk yang Angkatan Darat," tutur Andika di Kemenko PMK, Jakarta Pusat, Senin (17/1/2022).

Dengan demikian, sosok Pati berpangkat Mayjen ini akan mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Pasalnya, jabatan Pangkostrad nantinya diisi oleh Pati bintang 3 atau Letjen.

Andika tak hanya berbicara ihwal Pangkostrad. Dirinya juga menyinggung posisi pemimpin dari calon 2 satuan baru di TNI, yakni, Komando Armada (Koarmada) RI dan Komando Operasi TNI Angkatan Udara (Koopsau) Nasional.

"Panglima komando armada juga semua bintang 2 Angkatan Laut yang eligible banyak sekali dan untuk Panglima Komando Operasi Angkatan Udara itu bintang 3 juga yang eligible. Bintang 2 juga semuanya masuk," bebernya.

Andika tidak membeberkan waktu detail kapan para Pati itu dilantik dan disumpah jabatan. Namun kata dia, seluruhnya tinggal menunggu waktu saja. "Kita tinggal menunggu aja," jelasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1257 seconds (0.1#10.140)