Singgung Medsos Alat Provokasi, KSAD Dudung Sebut Pancasila Keberuntungan Indonesia

Senin, 17 Januari 2022 - 06:34 WIB
loading...
Singgung Medsos Alat Provokasi, KSAD Dudung Sebut Pancasila Keberuntungan Indonesia
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyatakan Indonesia beruntung memiliki Pancasiila. Foto/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman memberikan orasi ilmiah di Universitas Swadaya Gunung Jati, Minggu (16/1/2022). Kegiatan itu dalam rangka peringatan Dies Natalies ke-61 kampus yang terletak di Kota Cirebon tersebut.

Dia menyampaikan, situasi global di era diskrupsi telah merubah dunia. Menurut dia, hal itu secara fundamental turut mengubah sistem tatanan yang ada dengan cara baru yang cenderung menggunakan teknologi dunia maya sebagai kelompok utamanya.

"Apabila kita tidak bijak dan tidak pintar membaca situasi maka kita akan hanyut dan tergerus dengan era saat ini. Pihak yang masih menggunakan cara lama dan akan kalah bersaing," ujar Dudung dalam orasi ilmiah berjudul Peran Mahasiswa dalam Sistem Pertahanan yang Bersifat Semesta di hadapan 600 sivitas akademika dan mahasiswa.

Baca juga: Jenderal Dudung Genggam Mesra Tangan Istri, Mirip Gaya Andika Perkasa

Salah satu contohnya, kata KSAD yaitu media sosial. Di mana media sosial sebagai salah satu sarana yang dijadikan sebagai alat provokasi, isu sara, penyebaran berita-berita hoaks dan adu domba.

"Semakin intelektualnya tinggi, generasi muda justu harus lebih cepat dan cermat menyikapi informasi yang beredar. Kalau tidak, maka akan memecah belah persatuan dan persatuan bangsa," katanya.



Dudung juga menyampaikan Indonesia merupakan bangsa yang beruntung. Sebab, kerentanan perpecahan bangsa dapat dihindari lantaran memiliki Pancasila yang dijadikan sebagai pemersatu bangsa.

"Untungnya kita masih punya Pancasila, kita masih punya kebhinnekaan, kita masih punya persatuan dan kesatuan yang harus kita pegang teguh," ungkapnya.

Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2779 seconds (11.210#12.26)