Berkaca pada Prabowo, Masyarakat Ramai Minta Booster Vaksin Nusantara

Jum'at, 14 Januari 2022 - 15:07 WIB
loading...
Berkaca pada Prabowo, Masyarakat Ramai Minta Booster Vaksin Nusantara
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto disuntik vaksin booster Nusantara, pada Kamis, 13 Januari 2022. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto disuntik vaksin booster Nusantara, pada Kamis, 13 Januari 2022. Prabowo disuntik langsung oleh mantan Menteri Kesehatan dan juga penggagas vaksin Nusantara Terawan Agus Putranto.

“Terima kasih Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prof. Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad atas booster Vaksin Nusantara yang telah diberikan kepada saya. Meningkatkan imun dan kekebalan tubuh dengan vaksin Nusantara,” tulis Menhan Prabowo dalam foto yang diunggah di akun Instagram pribadinya @prabowo.

Unggahan tersebut sontak disambut riuh penghuni jagad maya. Netizen ramai ingin ikut divaksin booster menggunakan vaksin Nusantara seperti Prabowo. Beberapa dari mereka bertanya cara untuk mendapatkan vaksin ini dan kapan bisa diberikan untuk umum.



Kenapa bukan vaksin Nusantara aja pak yg diedarkan untuk seluruh rakyat Indonesia?” tulis pemilik akun elly_hairiyah seperti dikutip Jumat (14/1/2021).

“Kenapa ya yg pake vaksin nusantara para pejabat, coba dibuat banyak buat masyarakat,” imbuh pemilik akun ahsan_dafagha.

“Wah pak prabowo saja mempercayakan vaksin nusantara ????????. Saya kepingin juga pak vaksin nusantara,” tulis Tyoadhisastra.



Hingga saat ini BPOM belum memberikan izin uji klinis fase II untuk vaksin ini sehingga belum bisa diedarkan secara umum. Vaksin ini dilakukan dengan metode sel dendritik (dendritic cell) autolog yang artinya platform vaksin diambilkan dari sel individu itu sendiri.

Vaksin Nusantara pada akhirnya sementara ini hanya dilakukan untuk kepentingan penelitian dan pelayanan di RSPAD Gatot Subroto. Kemenkes baru menetapkan pemberian booster sesuai jenis vaksin primer yang diterima sebelumnya. Bagi masyarakat yang menggunakan vaksin primes Sinovac bisa divaksin booster AstraZeneca setengah dosis atau booster Pfizer setengah dosis. Sedangkan yang menggunakan vaksin primer AstraZeneca bisa divaksin booster Moderna setengah dosis atau Pfizer setengah dosis.

Vaksin booster ini diberikan gratis untuk masyarakat seperti vaksin dosis pertama dan dosis kedua. Presiden Jokowi sebelumnya mengumumkan bahwa vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster gratis dan akan mulai dilakukan pada 12 Januari 2022 dengan prioritas kelompok lansia dan kelompok rentan. “Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis untuk masyarakat Indonesia karena sekali lagi saya tegaskan bahwa keselamatan rakyat adalah yang utama,” tegas Presiden

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)