Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Octavian Terima Bintang Kehormatan dari Prancis

Kamis, 13 Januari 2022 - 22:15 WIB
loading...
Rektor Unhan Laksdya TNI Amarulla Octavian Terima Bintang Kehormatan dari Prancis
Rektor Unhan RI Laksdya TNI Amarulla Octavian menerima penganugerahan Bintang Kehormatan de Commandeur dans l’Ordre National du Mérite dari pemerintah Prancis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksdya TNI Amarulla Octavian, menerima penganugerahan Bintang Kehormatan de Commandeur dans l’Ordre National du Mérite dari pemerintah Prancis pada Kamis (13/1/2022).

Upacara penganugerahan berlangsung di kediaman resmi Duta Besar Prancis Mr. Olivier Chambard, dan dihadiri jajaran kedutaan Prancis berikut Atase Pertahanan Prancis Colonel Sven Meic beserta staf. Hadir pula para pejabat Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI dan Unhan RI serta beberapa sesepuh Ikatan Alumni Prancis-Indonesia, yakni Budi Susilo Soepandji, dan Kadarsah Suryadi.



Tradisi penganugerahan Bintang Kehormatan L’Ordre National du Mérite telah berlangsung selama lebih dari 58 tahun dimulai ketika Presiden Prancis Jenderal Charles de Gaulle pada 1963 memberikan Bintang Kehormatan tersebut kepada para pahlawan Perang Dunia II. Selain para pahlawan perang, pemerintah Prancis juga menganugerahkan Bintang Kehormatan tersebut kepada para petinggi militer dan pejabat sipil yang dinilai memiliki jasa luar biasa kepada negara dan bangsa Prancis.



Pada peringatan Hari Republik tanggal 14 Juli setiap tahunnya pemerintah Prancis selalu menganugerahkan Bintang Kehormatan L’Ordre National du Mérite kepada para penerima dari dalam negeri dan luar negeri. Prosedur pengusulan dan penilaian kelayakan dilakukan oleh Komite Légion d’Honneur diketuai Presiden Prancis hingga upacara penganugerahannya melalui serangkaian proses administrasi yang juga harus disetujui Parlemen Prancis.

Penganugerahan Bintang Kehormatan L’Ordre National du Mérite kepada Rektor Unhan RI Laksdya TNI Amarulla Octavian, tidak saja dimaknai sebagai bentuk penghargaan perorangan tetapi juga bentuk penghargaan antarkedua bangsa. Hubungan internasional kedua negara telah berlangsung lebih dari 70 tahun dan diharapkan dapat lebih meningkat di tahun-tahun mendatang termasuk dalam bidang kerja sama pertahanan dan keamanan.

(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)