Partai Baru Amien Rais Dinilai Tak Signifikan Jadi Kompetitor PAN

Rabu, 10 Juni 2020 - 15:09 WIB
loading...
Partai Baru Amien Rais Dinilai Tak Signifikan Jadi Kompetitor PAN
Partai baru Amien Rais yang akan dideklarasikan pada tahun ini tidak signifikan menjadi kompetitor Partai Amanat Nasional (PAN). Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Partai baru bentukan Amien Rais dikabarkan segera dideklarasikan pada tahun ini. Terbaru, sejumlah loyalis Amien yang juga mantan kader Partai Amanat Nasional (PAN) seperti inisiator PAN, DKI Jakarta, Sugiyanto menyebut, partai baru ini akan dideklarasikan pada Desember 2020 mendatang.

Lalu seberapa kuat partai baru ini ikut mewarnai perpolitikan Indonesia, mengingat banyak bermunculan partai baru, dan partai yang tak 'nangkring' di Parlemen? "Partai baru Amien Rais tentu berpusat pada faktor figur Amien Rais," kata Analis Politik asal UIN Jakarta, Bakir Ihsan saat dihubungi SINDOnews, Rabu (10/6/2020). (Baca juga:Amien Rais Bentuk Partai Baru, Basis Massa Terancam Tergerus)

Menurut Bakir, elektabilitas faktor figur partai baru ini tergantung momentum dan modal. Secara mometum, Amien Rais sebagai tokoh reformasi sudah memasuki senja. Sedangkan, secara modal belum terlihat ada orang kuat di dalamnya. Sehingga, partai baru ini diprediksi bernasib sama seperti partai yang sudah ada sebelumnya. (Baca juga: Partai Baru Amien Rais Ditargetkan Deklarasi Desember, Dukungan Mengalir)

Menurutnya, jika pun ada pasti tidak akan sekuat Amien Rais sebagai sentral partai, sementara pemilik modal pasti punya prinsip not free lunch, tak ada yang gratis. "Berdasarkan asumsi tersebut keberadaan partai baru tersebut tak terlalu signifikan untuk menjadi kompetitor PAN," ujarnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1080 seconds (0.1#10.140)