Hormati Hak Ferdinand Hutahaean Menjadi Mualaf, GP Ansor Tetap Minta Hukum Ditegakkan

Jum'at, 07 Januari 2022 - 16:45 WIB
loading...
Hormati Hak Ferdinand Hutahaean Menjadi Mualaf, GP Ansor Tetap Minta Hukum Ditegakkan
Ketua Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor), Luqman Hakim menghormati hak dan keyakinan Ferdinand Hutahaean yang mengaku mualaf (pemeluk Islam Baru) sejak 2017. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ketua Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor (PP GP Ansor) , Luqman Hakim menghormati hak dan keyakinan Ferdinand Hutahaean yang mengaku mualaf (pemeluk Islam Baru) sejak 2017. Bagi Lukman, keyakinan dan agama seseorang bukan menjadi suatu masalah tegaknya proses hukum.

Wasekjen DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut menilai sikap GP Ansor tidak akan berubah. Dia menegaskan sikap GP Ansor tidak berdasarkan dengan agama apa yang dianut Ferdinand.

"Kami menghormati hak setiap manusia untuk memeluk agama dan kepercayaan yang diyakini masing-masing. Sikap kami dalam masalah ini tidak terkait dengan agama apa yang dianut Ferdinand," ujar Luqman lewat pernyataan tertulis, Jumat (7/1/2022).

Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini meminta kepolisian untuk tetap menuntaskan kasus cuitan Ferdinand di media sosial. Dia menilai cuitan Ferdinand berpotensi menimbulkan permusuhan berbasis agama.

"Kami meminta polisi menuntaskan kasus ini berdasarkan pada cuitan Ferdinand yang dapat masuk kategori serangan penghinaan dan penistaan agama, berpotensi menimbulkan keonaran dan permusuhan bernuansa agama serta mengancam keamanan dan ketertiban masyarakat," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, mantan Politikus Partai Demokrat Ferdinand Hutahean mencuit pernyataan yang diduga mengandung ujaran kebencian. Karena cuitannya tersebut, GP Ansor meminta kepolisian menuntaskan kasus tersebut.

Ferdinand diketahui juga telah menanggapi GP Ansor. Ferdinand melihat bahwa pendapat GP Ansor itu timbul karena menduga keyakinannya sebagi Kristen yang ingin menyerang Islam.

"Pertama begini ya saya menghormati pendapat GP Ansor dalam hal ini. Saya melihat bahwa pendapat ini timbul karena masih ada persepsi dan asumsi bahwa namanya Ferdinand itu adalah orang Kristen yang menyerang Islam," kata Ferdinand Hutahaean ketika dikonfirmasi MNC Portal, Jumat (7/1/2022).

Ferdinand berkilah bahwasanya dirinya sudah memeluk Islam sejak 2017. Dia menambahkan bahwa dirinya heran mengapa GP Ansor mempermasalahkan kasus dengan sesama umat muslim.

"Padahal fakta sesungguhnya saya kan sama dengan orang-orang Ansor adalah seorang muslim. Saya telah menjadi mualaf sejak 2017," tuturnya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2090 seconds (0.1#10.140)