Tinjau Perbatasan RI-Malaysia, KSAD Dudung Bakar Semangat Prajurit TNI

Jum'at, 07 Januari 2022 - 16:19 WIB
loading...
Tinjau Perbatasan RI-Malaysia, KSAD Dudung Bakar Semangat Prajurit TNI
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi pulau terdepan dan terluar, yakni Pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia. Foto/TNI AD
A A A
JAKARTA - KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengunjungi pulau terdepan dan terluar, Pulau Sebatik yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Dalam kunjungannya, KSAD Jenderal Dudung didampingi Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Teguh Pudjo Rumekso beserta Pejabat TNI AD, Kamis (6/1/2022).

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Covid-19 Usia 6-11 Tahun di Natuna, KSAD: Jangan Takut Jarum Suntik

Dalam pengarahannya kepada para prajurit TNI AD yang merupakan garda terdepan di perbatasan RI-Malaysia, KSAD menekankan, tugas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) merupakan misi mulia dan tugas negara yang harus dipegang teguh.

Baca juga: Bertemu KSAD Dudung, ‘Mutiara’ dari Natuna Ini Ingin Jadi Taruna Militer

"Di mana pun kalian bertugas dan berada, harus tunjukkan disiplin, tujukkan loyalita, dan kehormatan satuan yang harus kalian jaga," kata KSAD.



Kekompakan dan soliditas TNI dengan Polri, dikatakannya harus tetap dijaga. Karena TNI dan Polri adalah garda terdepan dan benteng terakhir bangsa apabila komponen lain tidak dapat menghadapinya.

Lebih lanjut KSAD mengajak kepada seluruh prajurit untuk mengembangkan inovasi sesuai dengan keahliannya masing-masing. Hal ini untuk membantu masyarakat dan mendukung program pemerintah dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional.

"Keberadaan kalian di sini harus berdampak, harus ada manfaatnya dan harus ada artinya bagi kehidupan masyarakat. Sesuai dengan 7 perintah harian saya, yang salah satunya TNI harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat, apapun kesulitannya kamu harus jadi solusi," ucap KSAD Jenderal Dudung.

Ia juga berpesan selama bertugas, menjaga perbatasan seluruh prajurit harus selalu waspada dan jangan lengah serta hindari pelanggaran-pelanggaran yang nantinya akan berdampak buruk bagi diri sendiri dan satuan.

Dalam kesempatan itu, KSAD juga mengunjungi dan memberikan materi Pancasila kepada siswa-siswi di SDN 006 Aji Kuning dan SMP 01 Sebatik Tengah.

Kegiatan kunjungan KSAD di tapal batas Pulau Sebatik merupakan rangkaian dari kunjungan kerja KSAD di wilayah Kodam VI/Mulawarman selama dua hari yakni 6-7 Januari 2022.
(maf)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1703 seconds (10.177#12.26)