Pengamat: Erick Thohir Menteri yang Transparan dan Punya Integritas

Kamis, 06 Januari 2022 - 18:21 WIB
loading...
Pengamat: Erick Thohir Menteri yang Transparan dan Punya Integritas
Pengamat komunikasi politik Pangi Syarwi Chaniago menilai, Menteri BUMN Erick Thohir pejabat publik yang transparan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri BUMN Erick Thohir begitu aktif mengekspos berbagai pencapaian kinerja BUMN. Hal itu menjadi bukti Erick Thohir adalah pejabat publik yang transparan dan terbuka terhadap kinerjanya.

“Keunggulan beliau adalah transparan dan jelas, tidak menutup-nutupi yang ada. Dari awal beliau memang inginnya terbuka dan tidak mau menutup-nutupi. Itu menjadi keunggulan beliau selama ini,” ujar pengamat komunikasi politik Pangi Syarwi Chaniago, Kamis (6/1/2021).

Kemudian, Syarwi menilai tudingan kepada Erick yang dinilai dilanda kecemasan terlihat dari window dressing adalah tidak tepat. Menurutnya tudingan tersebut hanya sebatas asumsi tidak berlandaskan indikator jelas yang mana bisa dilakukan oleh semua orang.



“Soal cemas atau tidakkan sebenarnya tidak berdasarkan asumsi atau persepsi, like or dislike, pikiran-pikiran liar kita, tapi harus terukur dengan KPI yang jelas, dan alat bukti yang jelas. Kalau asumsi atau persepsi semua orang bisa. Kalau orang salah cemas, tapi kalau orang gak salah ngapain cemas? Gitu kan?" tambahnya.

Syarwi juga menilai, Erick adalah sosok yang memiliki integritas tinggi. Hal itu diungkapkan oleh Syarwi berdasarkan langkah-langkah inovatif, transformatif dan penegakan hukum serta aturan yang dilakukan Erick selama memimpin di Kementerian BUMN.



Seperti halnya dalam penegakan hukum. Terungkapnya mega skandal korupsi di dua perusahaan BUMN, yakni di PT. Asuransi Jiwasraya (Persero) dan PT Asabri (Persero) tak lepas dari kegigihan Erick dalam menata manajemen BUMN. Kasus korupsi tersebut telah merugikan negara hingga Rp16,8 triliun, sementara Asabri merugikan Rp22,78 triliun.

“Itu yang beliau pertaruhkan untuk membuktikan, bahwa beliau tidak main-main dalam penegakkan hukum di Jiwasraya dan Asabri. Itu bagian dari integritas dan bukti konkret beliau, tidak pandang bulu dalam penegakkan hukum,” tegas Syarwi.

Di samping itu, transformasi dan inovasi Erick juga berhasil memberikan capaian terbaik dan prestasi gemilang yang diraih oleh Kementerian BUMN. Terbukti dari laporan yang dipublikasikan, meliputi sisi keuangan, operasional, dan tanggung jawab sosial kepada masyarakat.

Mulai dari keberhasilan BUMN dalam meningkatkan laba bersih konsolidasi BUMN secara signifikan, dari hanya Rp13 triliun pada akhir 2020, menjadi Rp61 triliun di triwulan ketiga 2021. Serta berhasil merealisasikan transformasi di bidang human capital, dengan target sebanyak 15% posisi direksi ditempati kaum perempuan, serta 5% dipimpin oleh kaum muda.

Erick juga terus melakukan restrukturisasi korporasi, membentuk holding, dan membuat program serta kebijakan yang berpihak terhadap pengembangan ekonomi kerakyatan. Seperti Program Makmur dari Pupuk Indonesia, KUR dari Himbara, Mekaar dari PNM, hingga Pertashop Pertamina yang berhasil membuka peluang kesempatan kerja baru bagi masyarakat untuk menjadi entrepreneur baru.

“Pak Erick berkinerja baik, berprestasi, track reckord-nya bagus, capable dan punya rekam jejak bagus yang mumpuni dan bisa diandalkan berdasarkan indikator yang terukur, tidak asumsi. Ada prestasi beliau yang harus kita apresiasi,” ucap Syarwi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)