Pengasuh Ponpes Annuriyyah Kaliwining Sebut Erick Thohir Pemimpin yang Bersih

Selasa, 04 Januari 2022 - 16:58 WIB
loading...
Pengasuh Ponpes  Annuriyyah Kaliwining Sebut Erick Thohir Pemimpin yang Bersih
Pengasuh Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining, Jember, KH. Nur Sholeh, menilai Menteri BUMN Erick Thohir adalah pemimpin yang bersih. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pengasuh Pondok Pesantren Annuriyyah Kaliwining, Jember, KH. Nur Sholeh, menilai Menteri BUMN Erick Thohir adalah pemimpin yang bersih. Kiai Nur melihat Erick berdasarkan tafsir kitab At-tamhid fi al-Muthawattha'.

“Sewaktu saya bacakan pada Menteri BUMN Erick Thohir Kitab At-tamhid fi al-Muwattha’, secara acak saya buka kitab tersebut. Tiba-tiba yang terbuka bab tentang Thaharah (bersuci). Saya termenung, lalu menyimpulkan kalau hal tersebut merupakan pertanda, bahwa beliau adalah seorang pemimpin yang bersih,” ujar Kiai Nur, Selasa (4/1/2022).



Kiai Nur bertemu saat Erick melakukan kunjungan ke ponpes tersebut dalam rangka meresmikan Perpustakaan KH. Sholeh Syakir. Beliau adalah sosok di balik berdirinya pesantren ini, yang telah ada sebelum proklamasi kemerdekaan Indonesia, ditandai dengan berdirinya ndalem sepuh (kediaman pendiri) pada 12 April 1929, sekitar tiga tahun setelah deklarasi berdirinya Nahdlatul Ulama (NU), di Surabaya.



Lebih lanjut, Kiai Nur juga mengatakan, penyematan sebagai pemimpin bersih tersebut juga tak lepas dari peninggalan besar ayahnya, yakni nama Thohir yang disandangnya sehingga Erick akan benar-benar menjaga marwah nama yang diwariskannya tersebut. “Sesuai nama ayah beliau, Thohir, yang memiliki arti bersih dan suci,” tutupnya.

Erick sendiri memang dikenal sebagai seorang pemimpin bersih dan tegas. Karena itu, Erick mendapatkan apresiasi dari Kejaksaan Agung, atas komitmennya menyapu bersih dan memberantas korupsi. "Terima kasih kepada Menteri Badan Usaha Milik Negara, Bapak Erik Tohir, atas kontribusi dan kerja samanya, Kejaksaan dapat mengungkap secara tuntas mega skandal korupsi pada PT Asuransi Jiwasraya dan PT ASABRI (Persero)," ujar Jaksa Agung, Burhanuddin, dalam keterangan Refleksi Akhir Tahun 2021 dan Rencana Program Prioritas Kejaksaan Agung 2022.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1746 seconds (0.1#10.140)