Tingkatkan Literasi, Relawan Ganjar Pranowo Bagikan Buku untuk Siswa PAUD

Jum'at, 31 Desember 2021 - 21:32 WIB
loading...
Tingkatkan Literasi, Relawan Ganjar Pranowo Bagikan Buku untuk Siswa PAUD
Relawan Ganjar Pranowo Center menyambangi PAUD Cahaya di kawasan Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Relawan Ganjar Pranowo Center (GP Center) menyambangi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cahaya di kawasan Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Ketua Umum Ganjar Pranowo Center (GP Center) Lina Novita mengatakan, maksud kedatangannya adalah berbagi literasi untuk pelajar di seluruh Indonesia yang dimulai dari PAUD. "Kegiatan ini akan diwujudkan dengan membagikan buku bacaan, bantuan uang tunai, maupun alat-alat belajar dan susu kepada siswa PAUD Cahaya yang berada di Jakarta. Pemberian bantuan ini merupakan sebuah simbol pengharapan GP Center akan pentingnya perhatian pemerintah terhadap dunia pendidikan," kata Lina di PAUD Cahaya, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (31/12/2021).



Diharapkan gerakan ini dapat menularkan semangat yang sama bagi seluruh rakyat Indonesia agar bergotong royong bersama pemerintah dalam memajukan dunia pendidikan di Tanah Air. "Khususnya dapat meningkatkan minat baca peserta didik sehingga pengetahuannya dapat bertambah dan bermanfaat bagi diri sendiri serta bangsa dan negara," tambahnya.

Diketahui, PAUD adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun (golden age) yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan, sebagai bentuk bantuan bagi pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut.



Tujuan utamanya untuk membentuk anak Indonesia yang berkualitas, yaitu anak yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan tingkat perkembangannya sehingga memiliki kesiapan yang optimal di dalam memasuki pendidikan dasar, serta mengarungi kehidupan setelah dewasa kelak.

Pendidikan anak usia dini merupakan salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan yang menitikberatkan pada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan enam perkembangan yakni, agama dan moral, fisik motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, dan seni, sesuai dengan keunikan dan tahap-tahap perkembangan sesuai kelompok usia yang dilalui oleh anak usia dini seperti yang tercantum dalam Permendikbud 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD. "Kegiatan ini akan menjadi salah satu media sosialisasi pentingnya Pendidikan untuk anak anak usia dini," tutupnya.

Kepala Sekolah/Pembina PAUD Cahaya Septi Jumiyati merasa senang dengan kedatangan Relawan Ganjar Pranowo Center. "Alhamdulillah, terimakasih atas kunjungannya dan donasinya bagi PAUD kami ini," kata Septi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1129 seconds (0.1#10.140)