Sukses Gelar Perayaan Natal 2021, Jerry Sambuaga Dukung Pemanfaatan Teknologi Semua Event Nasional

Jum'at, 31 Desember 2021 - 10:56 WIB
loading...
Sukses Gelar Perayaan Natal 2021, Jerry Sambuaga Dukung Pemanfaatan Teknologi Semua Event Nasional
Ketua Umum Perayaan Natal Nasional 2021 Jerry Sambuaga mengatakan, pemanfaatan teknologi untuk perayaan atau event nasional bisa dikemas dengan maksimal. Foto/Kemendag
A A A
JAKARTA - Ketua Umum Perayaan Natal Nasional 2021 Jerry Sambuaga mengatakan, pemanfaatan teknologi untuk perayaan atau event nasional bisa dikemas dengan maksimal. Hal ini merujuk suksesnya penyelenggaraan ibadah dan perayaan Natal Nasional 2021 secara virtual dan disiarkan sejumlah televisi nasional.

Baca Juga: Jerry Sambuaga
Baca juga: TikTok Cetak Rekor Aplikasi Paling Banyak Diunduh Saat Natal

"Ini semua bisa terlaksana dengan adanya pemanfaatan teknologi. Jadi ke depannya, pemanfaatan teknologi untuk perayaan dan event skala nasional saya kira bisa dikemas dengan pemanfaatan teknologi secara maksimal," tambahnya.

Jerry yang juga Wakil Menteri Perdagangan itu menjelaskan pandemi Covid-19 membuat dirinya dan Panitia Perayaan Natal Nasional 2021 memanfaatkan teknologi secara maksimal, tanpa mengurangi khidmatnya ibadah perayaan Natal itu sendiri.

"Untuk perayaan Natal kita bikin secara taping. Semua serba digital, mulai dari panggung, ornamen, hiasan, backdrop menggunakan komputer dan memanfaatkan teknologi untuk design perayaannya. Jadi tidak ada kerumunan," ucapnya.

Begitu pula dengan ibadah Natal, penyelenggaraannya pun dilakukan secara taping di Gereja Immanuel, Jakarta. Pengaturan prokes yang sangat ketat dengan kurang dari 10 persen kapasitas jemaat yang boleh ada di dalam gereja saat ibadah.

"Ibadah Natal dilakukan secara taping dengan prokes yang sangat ketat. Selain disiarkan di sejumlah TV nasional, kita juga juga ada akses zoom. Jadi para umat Kristen di seluruh Indonesia bisa mengikuti ibadah Natal dengan menyaksikan langsung dari televisi dan saluran zoom yang kita buat," ujarnya.

Jerry Sambuaga mengatakan ibadah dan perayaan Natal Nasional 2021 dilakukan secara terpisah. Para pengisi acara, baik ibadah maupun perayaan seperti talent, penari, artis, hingga jemaat yang hadir di studio dan di gereja harus swab antigen yang terverifikasi di aplikasi PeduliLindungi.

"Jadi ada yang syuting melalui rekaman di beberapa tempat, seperti di Jakarta, Manado, Papua dan daerah lainnya untuk meramaikan acara ibadah dan perayaan Natal. Lalu kemudian itu semua kita rajut jadi kesatuan secara digital," jelasnya.

Hal ini lanjut Jerry Sambuaga, sekaligus memberi pesan bahwa untuk ikut partisipasi perayaan dan ibadah Natal, tidak harus berkumpul di satu tempat. Jadi bisa darimana saja namun bisa dikemas dengan teknologi canggih.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1581 seconds (0.1#10.140)