Gus Yahya Minta Isu Palestina-Israel Jangan Dijadikan Kepentingan Politik Pribadi

Kamis, 30 Desember 2021 - 15:14 WIB
loading...
Gus Yahya Minta Isu Palestina-Israel Jangan Dijadikan Kepentingan Politik Pribadi
Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf meminta isu Palestina-Israel tidak dijadikan kepentingan politik
A A A
JAKARTA - Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf menjelaskan permasalahan yang menyangkut hubungan Palestina-Israel merupakan masalah agama yang fundamental. Jika hal itu tak bisa teratasi, maka penyelesaian masalah politik tak akan selesai.

"Selalu saya bilang kalau Israel-Palestina adalah masalah agama, fundamental. Kalau ini enggak diselesaikan, solusi politik apa pun tidak akan jalan," tutur Gus Yahya ketika berbincang dengan MNC Portal, Kamis (30/12/2021).



Gus Yahya menuturkan, pola pikir di tiap-tiap agama yang masih menanamkan kebencian haruslah diubah. Sebagai contohnya, yakni cara pandang umat Islam yang masih menghalalkan darah orang Yahudi, maupun upaya Yahudi merebut tanah Palestina. "Jadi ini harus diselesaikan dulu soal agama. Kalau sudah selesai, solusi politik hanya soal teknis, apalagi soal normalisasi hubungan," jelasnya.



Dia pun mengajak seluruh masyarakat untuk membahas masalah Israel dengan Palestina semata-mata untuk kemanusiaan. Gus Yahya mengimbau hal ini jangan terus menerus dijadikan kepentingan pribadi.

"Saya tekankan di sini mari kita bicara tentang Palestina untuk kepentingan manusia. Mari berhenti menjadikan isu Palestina untuk gimmick politik kepentingan kita sendiri. Mari kita bicara tentang sebuah masa depan," ucapnya.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2349 seconds (0.1#10.140)