Komitmen Mitigasi Perubahan Iklim, 3 Anggota MIND ID Raih Proper Emas 2021

Rabu, 29 Desember 2021 - 21:11 WIB
loading...
Komitmen Mitigasi Perubahan Iklim, 3 Anggota MIND ID Raih Proper Emas 2021
Tiga perusahaan tambang anggota MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan, yaitu Antam, Bukit Asam, Timah Tbk, meraih anugerah lingkungan Proper Emas 2021 dari KLHK Selasa (28/12/2021).
A A A
JAKARTA - Tiga perusahaan tambang anggota MIND ID, BUMN Holding Industri Pertambangan, yaitu PT Antam Tbk, PT Bukit Asam Tbk dan PT Timah Tbk, meraih anugerah lingkungan Proper Emas 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penghargaan diserahkan oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Istana Wakil Presiden, di Jakarta, Selasa (28/12/2021).

PT Antam, Unit Bisnis Pertambangan Emas; PT Bukit Asam Tbk, Unit Pelabuhan Tarahan; dan PT TIMAH Tbk Unit Metalurgi Muntok, yang memperoleh Proper Emas merupakan entitas yang telah berhasil melakukan pengelolaan lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan dan melaksanakan inovasi sosial di wilayah operasionalnya.

Direktur Hubungan Kelembagaan MIND ID, Dany Amrul Ichdan mengatakan, perolehan Proper Emas ini merupakan wujud nyata dari komitmen pengelolaan lingkungan Grup MIND ID, serta refleksi komitmen Grup MIND ID dan hasil kerja keras para insan MIND ID untuk mengurangi emisi Gas Rumah Kaca (GRK). Proper Emas merupakan wujud dukungan Grup MIND ID kepada Indonesia dalam memenuhi komitmen dunia terhadap Perubahan Iklim.

Guna mitigasi perubahan iklim, dunia usaha memiliki peran yang penting. Dalam konteks Proper, hal ini terkait dengan keterlibatan pembangunan yang ramah lingkungan, pengelolaan ruang terbuka hijau, konservasi keanekaragaman hayati, serta pengelolaan energi, emisi, air dan limbah.

Sejak pandemi Covid-19, Sensitifitas dan Daya tanggap Kebencanaan juga menjadi indikator baru dalam penilaian Proper pada aspek Pengembangan Masyarakat. Tidak hanya fokus pada keuntungan, perusahaan didorong untuk merespons Covid-19, di antaranya dengan komitmen untuk tidak melakukan PHK dan program pengembangan masyarakat berkelanjutan guna pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Sebanyak 2.583 perusahaan telah mengikuti ajang penilaian Proper 2021. Sebanyak 47 Perusahaan meraih predikat Proper Emas, 186 perusahaan Proper Hijau, 1.670 perusahaan Proper Biru, dan 645 perusahaan Proper Merah.

“Kami bangga dengan penghargaan yang diperoleh oleh para Anggota MIND ID. Diharapkan Penghargaan ini akan semakin mendorong semangat kerja para insan MIND ID untuk dapat berkontribusi lebih baik lagi bagi negeri,” ujar Dany. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2219 seconds (0.1#10.140)