Viral Dokumen Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan, PKS Sentil Kemendagri

Rabu, 29 Desember 2021 - 06:02 WIB
loading...
Viral Dokumen Susi Pudjiastuti Jadi Bungkus Gorengan, PKS Sentil Kemendagri
Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera.Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Fraksi PKS menyentil Kemendagri terkait viralnya unggahan warganet yang menunjukkan dokumen kependudukan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Susi Pudjiastuti dijadikan sebagai bungkusan gorengan. Kemendagri harus berbenah agar insiden ini tak kembali terulang.

Anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera berpandangan, Indonesia perlu segera beralih ke dokumen digital. Jika tidak, insiden serupa akan terus berulang di kemudian hari mengingat banyaknya dokumen yang dimiliki seorang warga negara.

"Pertama, akan terjadi yang seperti ini jika kita tidak segera pindah ke dokumen digital. Banyak sekali dokumen yang dihasilkan. Sementara tempat, prosedur dan penanggung jawab dokumen fisik ini tidak seimbang," kata Mardani kepada wartawan dikutip Rabu (29/12/2021).

Kemudian, lanjut Mardani, insiden ini tetap harus diselidiki dengan seksama. Bukan hanya mengetahui kronologis dan siapa bertanggung jawab, tapi penting untuk melakukan perbaikan metode seperti apa yang harus dilakukan.

"Jika hanya menyelesaikan masalah ini tanpa menyentuh akarnya maka akan selalu muncul kasus sejenis," ujar legislator Dapil DKI Jakarta ini. Baca: Heboh, Surat Kependudukan Susi Pudjiastuti Dijadikan Bungkus Gorengan

Selain itu, Ketua DPP PKS ini juga meminta semua pihak untuk berbenah diri. Dia pun secara khusus menyentil Kemendagri yang bertanggung jawab secara langsung terkait dokumen kependudukan. "Ini saatnya semua pihak, khususnya Kemendagri, berbenah diri," ucap Mardani.
(hab)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1476 seconds (10.101#12.26)