Sosialisasi Prokes dan Vaksinasi, Kominfo Kampanye Mulai dari Kamu

Selasa, 28 Desember 2021 - 14:50 WIB
loading...
Sosialisasi Prokes dan Vaksinasi, Kominfo Kampanye Mulai dari Kamu
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan jingle #MulaiDariKamu. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) meluncurkan jingle #MulaiDariKamu untuk terus mengingatkan masyarakat, pentingnya penggunaan masker. Selain itu untuk vaksinasi , sekaligus menangkal berita keliru terkait vaksinasi Covid-19.



Pelibatan seniman dari beragam suku, serta penambahan aransemen penuh semangat juga dilakukan dengan tujuan dapat merangkul lebih banyak kalangan masyarakat. Hal tersebut disampaikan Penulis Lirik Jingle #MulaiDariKamu, Dian Kristian, dalam Dialog Produktif dari Media Center Forum Merdeka Barat 9 (FMB9)-KPCPEN, Senin (27/12/2021).

Dian menjelaskan, dari awal seluruh tim menginginkan jingle yang seru, lirik yang mudah, nadanya sederhana mudah diingat, dan pesannya sampai. "Kemudian setelah mencari, kita temukan lagu yang akhirnya kita adaptasi ke dalam jingle ini, yakni lagu Menanam Jagung (karya Ibu Sud)," papar Dian.

Penambahan aransemen hiphop atau rapp, kata Dian juga dilakukan supaya semangat lagu lebih dapat menyasar ke generasi muda. Sedangkan pada penyusunan lirik lagu yang berlangsung sekitar 2 bulan, diutamakan untuk kampanye masker dan vaksin.

"Kehormatan besar, selain lagunya (Menanam Jagung) sudah melegenda, ini adalah campaign besar," tegas Dian yang mengaku diberikan keleluasaan memilih lagu nasional dengan nada familier dan punya semangat membangun.

Pihaknya juga mendapatkan tim terbaik dengan harapan lagu tersebut betul-betul dapat diterima masyarakat sebagai pengingat bahwa pandemi belum selesai, sekaligus mendorong mereka untuk taat bermasker dan segera vaksinasi.

Dalam pengerjaannya, jelas Dian, jingle ini merangkul banyak seniman dari Jogja dan mewakili keberagaman suku, termasuk melibatkan Uncle T, penyanyi dari Indonesia Timur.

"Biar nanti sewaktu sekaligus mendorong mereka untuk taat bermasker dan segera vaksinasi dan vaksin), serta bahasa yang umum sehingga bisa ditangkap semua orang," jelasnya.

Dian memaparkan, jika sebuah jingle dapat lebih mudah melekat di hati masyarakat dengan berbagai cara. Di antaranya menggunakan rima, nada yang familier, pesan yang terfokus (dalam hal ini masker).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2157 seconds (0.1#10.140)