1 Tahun 7 Bulan Pimpin NTB, Ini Deretan Prestasi Jenderal Iqbal

Senin, 27 Desember 2021 - 19:17 WIB
loading...
1 Tahun 7 Bulan Pimpin NTB, Ini Deretan Prestasi Jenderal Iqbal
Irjen Pol M Iqbal memiliki deretan prestasi selama 1 tahun 7 tahun menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Iqbal yang dipromosikan menjadi Kapolda Riau. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Irjen Pol M Iqbal memiliki deretan prestasi atau capaian selama 1 tahun 7 bulan menjabat Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB). Iqbal yang dipromosikan menjadi Kapolda Riau, memulai debutnya dengan menggelar Lomba Kampung Sehat Nurut Tatanan Baru (NTB).

Baca juga: Capaian Vaksinasi Covid-19 di Wajo Sentuh Angka 69,96%

Lomba ini merupakan strategi mengimplementasikan program Baharkam Polri, yakni Kampung Tangguh Nusantara (KTN). Lomba ini dimulai pada Jumat 19 Juni, hingga Senin, 9 Oktober 2020.

Baca juga: Carter 17 Penerbangan, DHL Global Forwarding Salurkan Vaksin Covid-19 ke Wilayah Terpencil

Tujuannya kata dia, mengajak masyarakat terlibat aktif dalam upaya melawan Covid-19. "Kami sadar bahwa program intervensi terhadap Covid-19 sebaik apa pun, tidak akan berhasil tanpa partisipasi masyarakat," kata Iqbal, Senin (27/6/2020).

Peserta lomba adalah seluruh kampung dan desa di Pulau Lombok maupun Sumbawa. Tak hanya masyarakat, kepala desa, bhabinkamtibmas hingga babinsa yang paling berperan dalam mewujudkan ketahanan kesehatan, pangan dan ekonomi di lingkungannya juga masuk kategori lomba.

Dalam lomba ini, peran tiga pilar, yakni kepala desa, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas, ditantang melakukan berbagai inovasi di antaranya membangun sistem pencegahan dan penanggulangan Covid-19, menghidupkan usaha mikro-kecil-menengah (UMKM) serta membudidayakan tanaman pangan serta ikan.

Lomba Kampung Sehat NTB kembali diadakan menjelang WSBK Mandalika. Lomba Jilid II digelar pada 19 Februari hingga 20 Mei 2021. Beberapa bidang yang menjadi indikator pelaksanaan kampung sehat kali ini adalah bidang kesehatan.

Kemudian bidang keamanan dan bidang ekonomi kreatif dengan mengedepankan motivator, fasilitator dan dinamisator dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Iqbal juga mengadakan serangkaian kegiatan vaksinasi massal mulai dari Presisi Goes to Campus (1.000 dosis vaksin per universitas), Batalion Vaksinator, hingga vaksinasi yang berkonsentrasi di Lombok Tengah (Loteng), tempat perhelatan WSBK Mandalika.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1928 seconds (10.177#12.26)