Hujan Badai Berpotensi Landa Beberapa Daerah Hari Ini, Berikut Rinciannya

Sabtu, 25 Desember 2021 - 08:18 WIB
loading...
Hujan Badai Berpotensi Landa Beberapa Daerah Hari Ini, Berikut Rinciannya
BMKG mengimbau masyarakat lebih waspada terhadap kondisi cuaca menjelang akhir 2021. Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat disertai dengan angin kencang. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ) mengimbau agar masyarakat lebih waspada terhadap kondisi cuaca menjelang akhir 2021. Sebab, sejumlah daerah di Indonesia berpotensi dilanda hujan lebat disertai dengan angin kencang (hujan badai).

Berdasarkan hasil pemantauan BMKG, terdapat sejumlah daerah yang berpotensi dilanda hujan badai, hari ini. Sejumlah daerah tersebut yakni, Yogyakarta; Jawa Timur; Kalimantan Tengah; Kalimantan Selatan; Maluku; Gorontalo; dan Sulawesi Barat.

"Untuk 25 Desember 2021, berikut wilayah yang dapat berpotensi dilanda angin kencang, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Maluku, Gorontalo dan Sulawesi Barat," kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto melalui pesan singkatnya, Sabtu (25/12/2021).

Lebih lanjut, Guswanto juga membeberkan daerah yang berpotensi dilanda hujan disertai kilat dan petir pada hari ini. Daerah tersebut yakni, Bengkulu; Jambi; Sumatera Selatan; Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat. Kemudian, DKI Jakarta; Jawa Timur; Bali; Nusa Tenggara Barat; Nusa Tenggara Timur; Kalimantan Barat; Kalimantan Utara; Kalimantan Timur; Kalimantan Selatan; Gorontalo; dan Maluku Utara.

Baca juga: Hujan Lebat Semalaman, Kota Makassar Terancam Banjir Lagi

"Sedangkan mitigasi yang dapat dilakukan antara lain, merapikan atau memangkas dahan ranting/dahan dari pohon-phon yang sudah tua/lapuk baik yang dihalaman rumah, taman kota, pinggir jalan protokol," kata Guswanto.

"Juga agar selalu monitoring/update informasi perkembangan cuaca/iklim dari BMKG melalui kanal-kanal yang tersedia," katanya.

Tak hanya itu, Guswanto juga mengingatkan agar wilayah bantaran sungai dibersihkan dari sampah serta memperkuat tanggul yang sudah mulai longsor. Termasuk juga, selalu mengecek kondisi pintu-pintu air untuk mengantisipasi banjir.

"Agar juga lebih memperhatikan sosialisasi dan edukasi masyarakat terkait antisipasi terjadinya bencana Hidrometeorologi yang akan terjadi pada musim hujan 2021/2022 yang dilakukan oleh pemangku kepentingan," katanya.

Baca juga: Diguyur Hujan Lebat, Jalanan Kota Surabaya Kebanjiran
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4597 seconds (0.1#10.140)