Puan Ingatkan Pemimpin Bangsa Pegang Teguh Nilai Pancasila

Selasa, 09 Juni 2020 - 16:03 WIB
loading...
Puan Ingatkan Pemimpin Bangsa Pegang Teguh Nilai Pancasila
Ketua Dewan Perwakilan rakyat (DPR) Puan Marahani. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua DPR Puan Maharani menyatakan, pemimpin bangsa ini, baik saat ini maupun mendatang harus memegang teguh nilai-nilai Pancasila 1 Juni 1945.

Nilai-nilai yang harus menjadi pedoman adalah ketuhanan, kebangsaan, kemanusiaan, demokrasi dan keadilan sosial.

Hal itu dikatakan Puan pada Peringatan Bulan Bung Karno 2020 dan tujuh Tahun Wafatnya Taufiq Kiemas secara virtual di Jakarta, Senin (8/6/2020).

Dalam acara tersebut juga diadakan ceramah agama, pembacaan Surat Yasin, dan tahlil berjamaah. “Baik Bung Karno maupun Bapak Taufiq Kiemas telah mewariskan nilai-nilai yang sangat penting bagi bangsa ini. Nilai-nilai itulah yakni Ketuhanan, Kebangsaan, Kemanusiaan, Demokrasi dan Keadilan Sosial yang harus dipegang teguh oleh pemimpin bangsa ini siapa pun itu,” ujar Puan.

Puan juga mengatakan, Bung Karno dan Taufiq Kiemas telah menunjukkan persatuan bangsa yang beragam ini adalah hal yang lebih penting dari apa pun. (Baca juga: Peringati Hari Lahir Pancasila, Puan Tekankan Gotong Royong Atasi Pandemi)

Kedua tokoh itu bisa diterima oleh semua komponen bangsa sehingga persatuan nasional bisa terwujud dengan sebenar-benarnya.

“Demikian juga dengan gotong royong yang merupakan intisari dari Pancasila, hanya bisa diwujudkan melalui persatuan seluruh anak bangsa. Bung Karno maupun Bapak Taufiq telah menunjukkan perjuangan luar biasa dalam mempersatukan bangsa,” tuturnya.

Selain Puan, berbagai tokoh lain juga turut mengisi acara peringatan tersebut. Mereka antara lain Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Ketua PBNU Marsudi Syuhud, Ketua MPR Bambang Soesatyo serta Ketua Umum PP Bamusi Hamka Haq.
(dam)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2001 seconds (0.1#10.140)