5 Jenderal TNI Jadi Perbincangan Publik 2021, Nomor 4 Dianggap Kontroversial

Jum'at, 24 Desember 2021 - 05:29 WIB
loading...
5 Jenderal TNI Jadi Perbincangan Publik 2021, Nomor 4 Dianggap Kontroversial
Sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI menjadi perhatian publik lantaran dinilai kontroversial. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sepanjang 2021, sejumlah Perwira Tinggi (Pati) TNI baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL) dan Angkatan Udara (AU) menjadi perhatian publik. Nama mereka selalu menjadi bahan perbincangan masyarakat luas terutama di media sosial (medsos).

Selain dianggap kontroversial karena tindakan dan keputusannya kerap memicu pro dan kontra di masyarakat. Namun ada juga yang menilai mereka karena memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi selama pengabdiannya kepada negara dan bangsa sehingga cocok menjadi pemimpin bangsa ke depan.

Baca juga: Jenderal Andika Hapus Tes Keperawanan sebagai Syarat Daftar Kowad

Berikut ini 5 Pati TNI yang banyak diperbincangkan masyarakat:

1. Letjen TNI (Purn) Doni Monardo

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang pensiun pada 1 Juni 2021 lalu, dinilai sebagai sosok yang memiliki dedikasi dan loyalitas tinggi. Dengan tangan dinginnya, Doni dianggap berhasil menekan penyebaran Covid-19 di Indonesia. Dilantik pada 9 Januari 2019 ini, mantan Danjen Kopassus yang baru setahun menjabat sebagai Kepala BNPB ini langsung diuji dengan munculnya pandemi Covid-19 yang mengguncang negara-negara di dunia termasuk Indonesia.

Untuk menekan laju penyebaran Covid-19, Presiden Jokowi langsung mengeluarkan Keputusan Presiden RI Nomor 7/2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 pada Jumat, 13 Maret 2020. Di mana Doni langsung ditunjuk sebagai Ketua Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden.

Mengemban amanat tersebut, abituren Akademi Militer (Akmil) 1985 ini dengan sigap mengeluarkan kebijakan berupa disiplin 3M yakni, mengenakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan 3T yaitu, testing, tracing, treatment. Mantan Danpaspampres di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini bersama stakeholders lainnya juga menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), percepatan vaksinasi dan sebagainya.

Selain pandemi Covid-19, ada banyak pencapaian yang dilakukan Doni selama dua tahun menjabat sebagai Kepala BNPB. Di antaranya, penanggulangan gempa bumi di Mamuju, Sulawesi Barat dan cuaca ekstrem di Nusa Tenggara Barat (NTB).

2. Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1662 seconds (11.252#12.26)