Uji Coba Umrah Perdana, Tim Advance Berangkat ke Tanah Suci Hari Ini

Kamis, 23 Desember 2021 - 10:50 WIB
loading...
Uji Coba Umrah Perdana, Tim Advance Berangkat ke Tanah Suci Hari Ini
Sebanyak 25 tim advance dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) akan berangkat ke Tanah Suci melaksanakan umrah perdana, Kamis (23/12/2021) malam. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sebanyak 25 tim advance dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU) akan berangkat ke Tanah Suci melaksanakan umrah perdana, Kamis (23/12/2021) malam. Tim advance tersebut diwakili oleh lima asosiasi yaitu Ampuh, Amphuri, Asphuri, Asphurindo, dan Himpuh.

"Insya Allah berangkat malam ini tim advance ini untuk mencoba sistem dan orang-orangnya terpilih. Untuk trial dan error terkait dengan sistem yang dibuat oleh pemerintah antara Siskopatuh, PeduliLindungi dan Tawakalna," kata Sekjen Dewan Pengurus Pusat Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (DPP AMPHURI), Farid Aljawi saat dihubungi MNC Portal, Kamis (23/12/2021).

Pemberangkatan awal ini sebagai tindak lanjut atas permintaan asosiasi travel kepada Kementerian Agama agar tetap memberangkatkan jamaah di masa pandemi. Hal tersebut guna memberikan informasi kepada masyarakat, baik terkait umrah di masa pandemi maupun ketentuan baru yang diterapkan Arab Saudi.

Baca juga: Umrah Dibatalkan H-6 Keberangkatan, Asosiasi Kecewa

"Kalau ditunda justru menjadi polemik karena kenapa berangkat ke luar negeri boleh tapi umrah ga boleh. Umrah belum siap semuanya kalau dalam jumlah besar, kalau belum siap dalam jumlah kecil saja, termasuk yang berangkat perdana sekarang," katanya.

Karena umrah perdana berada di masa uji coba, 25 orang yang diberangkatkan menggunakan berbagai macam varian vaksin. "Ini program uji coba, jadi vaksinnya macem-macem yang berangkat. Ada yang AstraZeneca, Pfizer, Sinovac Moderna dll. Biar mereka berangkat seperti apa dan programnya pun ada yang ke Madinah dulu, ada yang ke Mekkah dulu agar dievaluasi oleh pemerintah," katanya.

Farid berharap keberangkatan perdana dengan uji coba sistem mendapatkan hasil terbaik, sehingga jamaah dapat berangkat sesuai dengan ketentuan. "Targetnya akhir Januari 2022 sudah mulai memberangkatkan jamaah dengan regulasi yang clear," ujarnya.

Baca juga: Umrah Ditunda, Kemenag : Keputusan Pahit, tapi Demi Kebaikan Bersama

Sebanyak 25 orang yang akan berangkat ke Tanah Suci sebelumnya telah dikarantina sejak Rabu (22/12/2021) sore di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Setelah 1 x 24 jam tim advance akan tes PCR. Lalu pada Kamis (23/12/2021) malam, tim advance akan berangkat ke Arab Saudi pesawat Saudi Airlines melalui Bandara Soekarno Hatta. Tim advance diperkirakan kembali ke Tanah Air pada 1 Januari 2021.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2638 seconds (0.1#10.140)