Mahfud MD Bangga Indonesia Punya Satbravo 90 Paskhas TNI AU

Rabu, 22 Desember 2021 - 19:08 WIB
loading...
Mahfud MD Bangga Indonesia Punya Satbravo 90 Paskhas TNI AU
Menko Polhukam Mahfud MD menyampaikan kebanggaannya terhadap Satbravo 90 Paskhas TNI AU. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Menko Polhukam Mahfud MD mengunjungi Satuan Bravo 90 atau Satbravo 90, Korps Pasukan Khas (Paskhas) TNI AU, Rabu (22/12/2021). Di hadapan para prajurit. Mahfud meminta agar semangat nasionalisme dan patriotism dipertahankan.

"NKRI ini merdeka atas berkat rahmat Tuhan yang Maha Kuasa. Pertahankanlah dengan semangat nasionalisme dan patriotisme dari kemampuan TNI AU kita," ujar Mahfud di hadapan prajurit elite TNI AU itu melalui keterangannya, Rabu (22/12/2021) malam.

Mahfud MD Bangga Indonesia Punya Satbravo 90 Paskhas TNI AU

Menko Polhukam Mahfud MDmengunjungi markas Satbravo 90 Paskhas TNI AU. Foto/ist

Kehadiran Mahfud MD di pasukan antiteror milik TNI AU ini, untuk melihat kesiapan dari prajurit Baret Jingga. Mahfud menyampaikan rasa bangganya terhadap Satbravo sebagai salah satu satuan militer yang disegani di dunia.

"Saya sangat bangga, Satbravo 90 selain menjadi prajurit perkasa yang disegani di dunia juga banyak menorehkan prestasi yang gemilang, baik dalam mengani operasi pemberontakan dalam negeri, operasi pembebasan sandera dan penumpasan gerakan ekstremis," katanya.

Mantan Menteri Pertahanan era Presiden Abdurrahman Wahid ini mengatakan, Satbravo memiliki kemampuan dalam penanggulangan aksi terorisme, baik itu dari pengalaman maupun perintah dari undang-undang.

"Semua pasukan elite yang dimiliki oleh TNI dapat dilibatkan dengan baik, Satbravo 90 dapat berperan aktif dalam penanggulangan terorisme. Terorisme adalah kejahatan yang luar biasa, extraordinary crime," tambahnya.



Sebagai informasi, Satbravo 90 merupakan bagian dari Korps Paskhas TNI AU yang diresmikan pada 19 Oktober 1990. Satbravo90 merupakan satuan khusus untuk melakukan tugas-tugas operasi inkonvensional matra udara, sesuai dengan perkembangan ancaman dan perkembangan iptek.

Satbravo 90 telah banyak terlibat dalam penugasan penting di antaranya mengendalikan Bandara Komoro dalam Satgas Indonesian Task Force in East Timor (ITFEET) pada 1999 dan menjadi pasukan terakhir yang meninggalkan Timor Timur.

Terkini, pada bulan Agustus lalu, Satbravo 90 juga melaksanakan evakuasi WNI dan staf Kedubes Afganistan.
(muh)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)