Siap-siap, Tahun Depan 300.000 PNS Baru Wajib Pelatihan Bela Negara

Selasa, 21 Desember 2021 - 15:48 WIB
loading...
Siap-siap, Tahun Depan 300.000 PNS Baru Wajib Pelatihan Bela Negara
MenPANRB Tjahjo Kumolo mulai tahun depan akan mewajibkan pelatihan bela negara bagi PNS secara bertahap. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi ( MenPANRB ) Tjahjo Kumolo akan mewajibkan pelatihan bela negara bagi PNS . Pelatihan bela negara akan dilakukan secara bertahap.

Menurut Tjahjo, pihaknya akan fokus pelatihan bela negara untuk PNS baru. Seperti diketahui saat ini jumlah PNS sebanyak 4,1 juta. "ASN baru tahun depan kan ada 300.000-an. Jadi bertahap tergantung anggarannya juga. Konsentrasi di ASN baru dulu saja," katanya saat dihubungi, Selasa (21/12/2021).

Terkait pelatihan bela negara bagi PNS ini sudah dibahas bersama dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Dia mengatakan bahwa pertemuan tersebut pada prinsipnya KemenPANRB dan Kemenhan mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga pada 2022 sudah dapat dimulai pelatihan dan pendidikan bela negara.

Baca juga: Dirjen Pothan Kemhan Buka Diklat Bela Negara 12.000 Anggota Senkom

"(pelatihannya) Kerja sama dengan Kemenhan. Tahun depan semoga dapat dipersiapkan bertahap," ujarnya.

Tjahjo menilai bahwa bela negara merupakan suatu kewajiban bagi para ASN. Meskipun untuk menjadi komcad hanya bersifat sukarela. "Bela negara menurut saya wajib tapi komponen cadangan bersifat sukarela. Ini yang saya pahami. Ini agar ASN ada disiplin ada peningkatan wawasan kebangsaan di samping kompetensi dan profesionalismenya," katanya.

Baca juga: Cegah Tawuran, 100 Pelajar Karawang Ditatar Kedisiplinan Bela Negara di Kodim
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1896 seconds (0.1#10.140)