Survei: Ganjar Berpotensi Menangkan Pilpres, Siapa pun Wakilnya

Senin, 20 Desember 2021 - 16:46 WIB
loading...
Survei: Ganjar Berpotensi Menangkan Pilpres, Siapa pun Wakilnya
Lembaga Charta Politika turut melakukan simulasi Pilpres 2024. Hasilnya, siapa pun yang berpasangan dengan Ganjar Pranowo, berpotensi memenangkan Pilpres. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Lembaga Charta Politika turut melakukan simulasi terhadap pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Hasilnya, siapa pun yang berpasangan dengan Ganjar Pranowo, maka berpotensi memenangkan kontestasi lima tahunan tersebut.

Baca Juga: Ganjar
Baca juga: Ganjar Pranowo Apresiasi Kesigapan KAGAMA Bantu Warga Terdampak Bencana Semeru

Disusul pasangan Anies Baswedan-Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 26,0 persen, dan pasangan Prabowo Subianto-Puan Maharani sebesar 19,2 persen.



Pada simulasi kedua, pasangan Ganjar Pranowo-Erick Tohir menduduki peringkat teratas dengan elektabilitas 33,9 persen. Disusul Anies Baswedan-AHY sebesar 26,2 persen, dan Prabowo-Puan sebesar 20,3 persen.

Dalam simulasi ketiga, Ganjar Pranowo-Sandiaga Uno unggul jauh dengan elektabilitas sebesar 36,3 persen. Sementara, di posisi kedua terdapat pasangan Anies Baswedan-Airlangga Hartarto sebesar 24,8 persen. Dan posisi ketiga, ada Prabowo-Puan dengan elektabilitas sebesar 18,7 persen.

Pada simulasi keempat, pasangan Ganjar Pranowo-Andika Perkasa unggul dengan elektabilitas sebesar 33,2 persen. Di posisi kedua, ada Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar sebesar 23,0 persen. Di posisi ketiga ada Prabowo-Puan dengan elektabilitas sebesar 20,8 persen.

Survei dilakukan pada tanggal 29 November-6 Desember 2021 melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 1.200 responden, yang tersebar di 34 Provinsi.

Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error ± (2.83%) pada tingkat kepercayaan 95%.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1106 seconds (0.1#10.140)