Capres 2024 Gerindra, Pengamat: Semua Tergantung Prabowo

Minggu, 19 Desember 2021 - 09:10 WIB
loading...
Capres 2024 Gerindra, Pengamat: Semua Tergantung Prabowo
Mayoritas kader Partai Gerindra menginginkan agar Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum partai maju kembali dalam Pilpres 2024. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Mayoritas kader Partai Gerindra menginginkan agar Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum partai maju kembali dalam Pilpres 2024. Keinginan itu disampaikan para pengurus dan kader partai Gerindra dalam rapat-rapat konsolidasi partai di daerah.

Baca Juga: Gerindra
Baca juga: Hasil Survei Sebut Prabowo dan Ganjar Berebut Posisi Capres Unggulan

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno mengatakan, realitas politik hari ini kader-kader Gerindra memang masih menginginkan Prabowo 'nyapres' kembali.

"Cuma Prabowo belum ngasi jawaban siap atau tidak diusung kembali, (sebagai capres)," kata Adi Prayitno saat dihubungi MNC Portal, Minggu (19/12/2021).

Dari sini lanjut Adi, kemudian spekulasi bermunculan yakni urusan pencapresan sangat mungkin ditentukan Prabowo apakah dia akan tetap maju kembali atau mengusung kader lain.

Dia menilai, ada banyak kader Gerindra yang dinilai pantas diusung internal partai seperti Sandiaga S Uno, bahkan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan meski Anies sejatinya bukan kader partai tersebut.

"Kader Gerindra kan banyak ada Sandi, Muzani, Dasco, Fadli Zon, dan lain-lain. Semua sangat tergantung Prabowo. Beliau veto player di Gerindra. Jadi untuk saat ini semua belum ada yang pasti," ujarnya.

Analis Politik asal UIN Jakarta itu menambahkan, jika akhirnya Prabowo memutuskan tak ikut berkompetisi dalam Pilpres 2024, maka peluang Sandi dan Anies serta kader lainnya masih cukup terbuka. Adi percaya, kader-kader Gerindra akan patuh atas keputusan Prabowo.

"Tentunya kader-kader di bawah anak patuh pada perintah ketum mereka. Dalam politik itu ketum partai sangat determinan," tandasnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1676 seconds (0.1#10.140)