Elektabilitas Prabowo Turun karena Tak Kelihatan 'Manggung' di Tengah Pandemi Corona

Selasa, 09 Juni 2020 - 08:04 WIB
loading...
Elektabilitas Prabowo Turun karena Tak Kelihatan Manggung di Tengah Pandemi Corona
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Foto/Dok SINDO
A A A
JAKARTA - Hasil survei Indikator menyatakan bahwa elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengalami peningkatan dibanding figur Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto .

Empat tokoh itu dipotret lembaga survei sebagai figur yang ikut memengaruhi publik dalam penanganan virus corona (Covid-19) dan jika pemilihan presiden dilakukan hari ini.

Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia Adi Prayitno mengatakan, dalam temuan Indikator tersebut publik melihat akselerasi para tokoh apakah upaya yang mereka lakukan dalam menghadapi covid-19 dinilai sukses atau tidak. "Ini yang memengaruhi penilaian publik," kata Adi saat dihubungi SINDOnews, Selasa (9/6/2020).

Kemudian, kata Adi, penggunaan media sosial dalam menghadapi wabah corona atau dengan kata lain bukan hanya mengandalkan berita mainstream. Dalam hal ini, Adi melihat Ganjar dan Ridwan Kamil terlihat aktif menyiarkan apa yang sedang dilakukan. Mereka berdua sering viral, kerap menjadi perbincangan publik.

"Wajar jika keduanya naik, sementara Anies dan Prabowo turun. Tapi selisih Ganjar dan Anies tipis, masih dalam rentang margin of error. Sementara Prabowo selama corona nyaris tak pernah kelihatan 'manggung' bahkan cenderung tenggelam," tutur dia.

Bagi Adi, peta elektoral ini yang muncul saat ini 'agak aneh'. Karena yang moncer menuju 2024 bukan dari partai seperti Anies dan Ridwal kamil. Sementara, Ganjar sekalipun naik elektabilitasnya belum tentu dapat 'tiket VIP' dari PDI Perjuangan untuk maju dalam Pilpres 2024.

Menurut Adi, satu-satunya yang relatif aman hanya Prabowo. Sebagai ketua umum partai ia bisa mudah maju dengan satu tambahan partai menengah saja. Problemnya, yang menarik justru elektabilitas Prabowo turun drastis. Ia melihat karena sejak menjadi Menteri Pertahanan hingga masa pandemi, kehadiran Prabowo di pemerintah belum terlihat memberikan sentuhan yang berbeda, bahkan terlihat sepi berita.

Sebaliknya, Ridwan Kamil naik pesat elektabilitas. Kang Emil, sapaan akrabnya, hampir sama dengan Ganjar, memanfaatkan medsos untuk menyiarkan segala aktivitasnya menghadapi corona. Sedangkan Anies dinilai kurang mengeksplorasi sektor medsos ini. ( ).

"Dalam survei, pembicaraan isu di media sosial menjadi variabel penting penilaian publik terhadap seorang tokoh," ujar analis politik asal UIN Jakarta ini.

Diberitakan sebelumnya, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil naik di tengah pandemi Covid-19. Sebaliknya, elektabilitas Menhan Prabowo Subianto turun. Hal itu berdasarkan hasil survei Indikator bertajuk 'Evaluasi Publik terhadap Penanganan Covid-19, Kinerja Ekonomi dan Implikasi Politiknya' yang dirilis Minggu (7/6/2020).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1585 seconds (0.1#10.140)