Terima Menlu Antony J Blinken, Jokowi Harapkan RI-Amerika Bermitra di Bidang Ekonomi

Senin, 13 Desember 2021 - 21:59 WIB
loading...
Terima Menlu Antony J Blinken, Jokowi Harapkan RI-Amerika Bermitra di Bidang Ekonomi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Antony J Blinken. Foto/ist
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Menlu AS), Antony J Blinken. Dalam pertemuannya, Jokowi mengharapkan Indonesia dan Amerika dapat bermitra di bidang ekonomi.

Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi dalam keterangan resminya menyampaikan bahwa Jokowi menyampaikan penjelasan mengenai prioritas G20 Indonesia. “Indonesia mengharapkan Amerika Serikat dapat menjadi salah satu mitra di bidang ekonomi pada saat hubungan bilateral,” ucap Retno dalam keterangan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (13/12/2021).



Retno mengatakan hubungan mitra tersebut juga mencakup dalam bidang investasi. Terlebih, Indonesia juga berharap dapat menjadi bagian dari rantai pasok global pada bidang kesehatan. Jokowi, kata Retno, juga menyampaikan apresiasi negara Amerika Serikat atas dukungan vaksinasi Covid-19. “Dan dukungan lain yang diberikan kepada Indonesia selama pandemi ini,” jelasnya.



Menurut Retno, diskusi yang dilakukan kedua belah pihak berlangsung terbuka. Dia mengatakan, negara Amerika Serikat juga menunjukan komitmen dalam memperkuat kemitraan dengan Indonesia. “Blinken juga menyampaikan komitmen untuk bermitra dengan Indonesia dalam bidang investasi infrakstruktur,” ucapnya.

Retno menjelaskan komitmen bermitra tersebut telah disampaikan dalam pertemuan G7 dan ASEAN. Di mana, salah satu pembahasan mengenai komitmen dari negara G7. “Untuk meningkatkan investasi dibidang infrastruktur. Termasuk melalui mobilisasi, partisipasi, private sector dari mereka.” tutup Retno.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2412 seconds (0.1#10.140)