Napi Lapas Tangerang Kabur, Politikus Gerindra Tuding Ada Aparat Terlibat

Senin, 13 Desember 2021 - 16:48 WIB
loading...
Napi Lapas Tangerang Kabur, Politikus Gerindra Tuding Ada Aparat Terlibat
Politikus Partai Gerindra Habiburokman meyakini ada pihak dari Lembaga Permasyarakatan (LP) Tangerang yang membantu salah seorang narapidana melarikan diri. FOTO/DOK.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Gerindra Habiburokman meyakini ada pihak dari Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Tangerang yang membantu salah seorang narapidana melarikan diri. Ia meminta Kemenkumham mengusut oknum tersebut.

"Kalau kita lihat metode larinya kan sederhana banget, ke garasi terus lari. Nah kan pasti ada (petugas) yang terlibat. (Jadi) silakan diusut," kata Habiburokman kepada wartawan, Senin (13/12/2021).

Di samping itu, Anggota Komisi III DPR ini menyinggung kasus warga negara China, yakni Cai Changpan yang juga melarikan diri sebelumnya. Habiburokman mempertanyakan evaluasi pengamanan Lapas yang sebelumnya sudah dikritisi oleh Parlemen.

Baca juga: Kemenkumham Buru Napi Lapas Tangerang yang Kabur hingga ke Riau

"Saat itu kita minta dievaluasi secara berkala sistem CCTV, sistem shift-nya, sistem pengecekan napinya, kita minta dievaluasi. Pertanyaannya apakah evaluasi berkala ini dilaksanakan atau enggak, gitu loh," katanya.

Untuk diketahui, seorang napi kasus narkotika melarikan diri dari Lapas Kelas I Tangerang. Napi tersebut dikabarkan melarikan diri sejak Rabu 8 Desember 2021 lalu.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Rika Aprianti membenarkan kabar tersebut. "Iya betul," katanya saat dihubungi MNC Portal, Minggu (12/12/2021).

Baca juga: Rentetan Kasus di Lapas Tangerang, dari Kebakaran Maut hingga Napi Kabur
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5830 seconds (0.1#10.140)