Sandiaga Uno Berharap Desa Wisata Dorong Kebangkitan Indonesia

Rabu, 08 Desember 2021 - 13:34 WIB
loading...
Sandiaga Uno Berharap Desa Wisata Dorong Kebangkitan Indonesia
Menteri Pariwisata dan Eknomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan ekonomi Desa Wisata adalah ekonomi yang berkelanjutan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Desa Wisata dapat mewujudkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Bahkan, Desa Wisata diyakini akan membangkitkan perkenomian bangsa. Kebangkitan ekonomi desa juga bisa membangkitkan ekonmi nasional.

Menteri Pariwisata dan Eknomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menegaskan ekonomi Desa Wisata adalah ekonomi yang berkelanjutan. Pasalnya dengan bergeliatnya ekonomi Desa Wisata maka akan berdampak pada perekonomian Indonesia.

“Kita akan terus kembangkan Desa Wisata karena ada peningkatan ekonomi sebanyak 20-30% dari desa wisata,” ujar Sandi dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Sandi menegaskan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2021 bisa membantu Desa Wisata di Tanah Air untuk berjuang bangkit di tengah pandemi COVID-19. "Anugerah Desa Wisata diharapkan dapat menjadi daya ungkit untuk Desa Wisata di Indonesia agar bisa bangkit di era pandemi," kata Sandi.

Sandi mengungkapkan dalam ADWI ini adalah memang diarahkan untuk membangkitkan ekonomi bangsa di era pandemi ini. Tujuan acara program “Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021” agar dari 57.000 desa di seluruh Indonesia yang memiliki daya tarik wisata tergerak untuk mendaftarkan desanya ke dalam program Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Tidak hanya itu kegiatan ini juga bisa membangun motivasi bagi pengembangan desa dan menjadi penggerak ekonomi tingkat desa melalui Desa Wisata. Calon desa pendaftar juga tidak hanya bagi desa yang baru, melainkan desa wisata rintisan, berkembang, dan maju yang belum mendaftarkan desanya juga bisa mengikuti program ini.

Berikutnya diharapkan target tahun 2021 dengan adanya Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 Kemenparekraf dapat mencatat setidaknya lebih dari 1.831 Desa Wisata yang masuk ke dalam data Desa Wisata Indonesia.

Program ini diharapkan bisa mewujudkan visi Indonesia sebagai negara tujuan pariwisata berkelas dunia, berdaya saing, berkelanjutan, dan mampu mendorong pembangunan daerah dan kesejahteraan rakyat. Pengembangan Desa Wisata di Indonesia dilakukan untuk menciptakan destinasi yang berkualitas, resilient, dan berkelanjutan.

Desa Wisata adalah kawasan dengan potensi dan keunikan daya tarik wisata khas, yakni merasakan pengalaman keunikan kehidupan dan tradisi masyarakat di pedesaan dengan segala potensinya.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan Desa Wisata ini penting karena ke depan, pembangunan secara terpadu mendorong ekonomi desa, dan produktivitas tinggi. Dia mengapresiasi apa telah dilakukan Kemenparekraf karena dengan ini mendorong geliat pengembangan Desa Wisata untuk mendorong ekonomi nasional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2433 seconds (0.1#10.140)