Sowan ke PBNU, Jenderal Dudung dan KH Said Aqil Siroj Bangun Sinergi Ulama-Umaro

Senin, 06 Desember 2021 - 19:05 WIB
loading...
Sowan ke PBNU, Jenderal Dudung dan KH Said Aqil Siroj Bangun Sinergi Ulama-Umaro
KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersilaturahim dengan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Senin (6/12/2021). FOTO/IST
A A A
JAKARTA - Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman bersilaturahim dengan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj , Senin (6/12/2021). Dalam pertemuan itu, kedua tokoh bersepakat terus membangun sinergi antara ulama dan umara.

Kiai Said mengutip Surat Al-Quraisy ayat 3-4 yang dimaknainya sebagai gambaran dari kerja sama ulama dan umara yang diabadikan di dalam Al-Qur'an. "Dalam Al-Qur'an dikatakan begini, fal ya’budu rabbahadzal bait, ibadah itu bagian ulama. Wa amanahum min khauf itu stabilitas keamanan tugasnya KSAD," kata Kiai Said usai melangsungkan pertemuan di ruangannya secara tertutup seperti dikutip dari keterangan tertulisnya.

Kedatangan Jenderal Dudung ke kantor PBNU adalah kali kedua. Sebelumnya, KSAD pernah sowan ke Kiai Said saat masih menjabat Panglima Komando Strategi Angkatan Darat (Pangkostrad).

Baca juga: Sekjen PBNU Luruskan Pernyataan Dudung Jangan Terlalu Dalam Belajar Agama

"Sekarang Allah sudah memberkatinya. Beliau diberikan amanah jadi bintang 4 sebagai KSAD. Beliau ke sini hanya perlunya silaturahim, dan saya pun mengucapkan selamat. Mudah-mudahan Allah berikan barakah selamanya. Sukses dan selamat," ucap Pengasuh Pesantren Luhur Al Tsaqafah, Ciganjur, Jakarta Selatan itu.

Jenderal Dudung bersyukur karena bisa bersilaturahim dengan Kiai Said. Ia merasa dekat secara emosional dengan Kiai Said lantaran memiliki latar belakang daerah yang sama, yakni Cirebon. Kiai Said memang terlahir di Cirebon, sedangkan Dudung adalah keturunan Cirebon.

"Karena kebetulan memang, saya satu daerah juga dengan beliau, sehingga hubungan emosional luar biasa. Saya sebagai KSAD kulonuwun (permisi). Ini sudah menjadi keharusan ulama dan umara itu harus sangat dekat, sehingga republik ini akan semakin kuat," kata Dudung.

Ia lantas memohon doa restu dari Kiai Said atas amanah jabatan yang baru sebagai KSAD. "Semoga berkah dan semua prajuritnya diberikan kekuatan lahir dan batin untuk tetap menjaga tegaknya NKRI," kata Dudung.

Baca juga: KSAD Malaysia Temui Jenderal Dudung, Bahas Apa?

Pada kesempatan itu, hadir beberapa pengurus harian PBNU. Antara lain Ketua PBNU H Robikin Emhas dan KH Marsudi Suhud, Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini, serta Wakil Sekretaris Jenderal PBNU H Andi Najmi Fuaidi.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)