Menebak Pengganti Jokowi lewat Ramalan Jayabaya Notonegoro

Senin, 06 Desember 2021 - 18:44 WIB
loading...
Menebak Pengganti Jokowi lewat Ramalan Jayabaya Notonegoro
Jongko Jayabaya sebuah ramalan dari Raja Kediri, Prabu Jayabaya (1135-1157 M). Foto/Dok Okezone
A A A
JAKARTA - Politikus Partai Gerindra, Arief Poyuono memberikan pandangannya tentang sosok pengganti Presiden Joko Widodo (Jokowi). Arief masih meyakini Jongko Jayabaya sebuah ramalan dari Raja Kediri, Prabu Jayabaya (1135-1157 M).

Baca juga: Letusan Gunung Semeru, Jayabaya dan Ramalan Terbelahnya Pulau Jawa

Di mana dalam Jangka Jayabaya tersebut memberikan petunjuk pemimpin memiliki nama dengan akhiran yang jika diakronimkan menjadi "Notonegoro".

Baca juga: Survei Capres 2024 Indikator Politik: Prabowo Masih Teratas, Ganjar Terus Mengejar

"Kalau masih bingung, ya namanya Notonegoro bisa jadi presiden di akhirannya (namanya)," kata Arif Poyuono dalam diskusi "Mungkinkah Capres Teratas Versi Survei Berubah?" yang diselenggarakan oleh Total Politik di Warung Upnormal, Jalan Raden Saleh Raya Nomor 47, Jakarta Pusat, Minggu (5/12/2021).

Menebak Pengganti Jokowi lewat Ramalan Jayabaya Notonegoro




Dalam serat Jongko Jayabaya yang ditulis oleh Prabu Jayabaya tersebut, terdapat perhitungan atau ramalan mengenai pemimpin di Indonesia yang terkandung dalam kata 'Notonegoro'. 'Noto' memiliki arti menata dan 'Negoro' memiliki arti Negara.

Ramalan Jangka Jayabaya ini hidup dalam kosmologi politik Jawa seiring dengan kepercayaan Mesianistik atau Ratu Adil yang disebut masyarakat Jawa sebagai Satria Piningit.

Arief menyebut akhiran NO merujuk pada Soekarno, TO pada Soeharto, kemudian NO yang kedua melekat pada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1653 seconds (11.252#12.26)