Jenderal TNI Ini Diam-diam Jalin Hubungan Terlarang dengan Israel Demi Selamatkan RI-1

Senin, 06 Desember 2021 - 05:31 WIB
loading...
A A A
Selain meminjam roket, operasi clandestine terbesar Benny Moerdani dengan Israel adalah saat pengadaan pesawat tempur untuk TNI AU. Operasi ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pesawat tempur yang dimiliki TNI AU. Ketika itu, pesawat F-86 dan T-33 yang dimiliki matra udara sudah tua dan diprediksi tidak bisa beroperasi secara maksimal dalam menjaga kedaulatan wilayah udara Indonesia. Jika tidak segera diatasi maka kekuatan pertahanan udara Indonesia lemah sehingga rawan infiltrasi pesawat-pesawat asing.



”Amerika Serikat sebagai mitra hanya mampu memberikan 16 pesawat tempur F-5E/F Tiger II. Namun jumlah itu masih belum cukup untuk memenuhi kekosongan skadron-skadron tempur TNI AU,” kata mantan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI (Purn) Ashadi Tjahjadi menirukan yang ditulis dalam buku biografinya “Loyalitas Tanpa Pamrih”.

Jenderal TNI Ini Diam-diam Jalin Hubungan Terlarang dengan Israel Demi Selamatkan RI-1


Pesawat tempur A-4 Skyhawk di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala

Atas perintah Presiden Soeharto, Benny yang saat itu menjabat sebagai Kepala BAIS kemudian melakukan pembelian 32 pesawat tempur bekas A-4E Skyhawk milik Israel pada 1979. Karena Indonesia tidak punya hubungan diplomatik maka pembelian dilakukan sangat rahasia dengan nama Operasi Alpha, yang diambil dari nama depan pesawat tersebut.

Untuk menjamin keberhasilan operasi ini, Benny mengancam tidak akan mengakui kewarganegaraan anggota pasukan yang ditugasi membawa pesawat itu jika gagal. ”Misi ini adalah misi rahasia. Yang ragu-ragu silakan kembali sekarang juga. Kalau misi ini gagal, negara tidak akan mengakui kewarganegaraan kalian. Namun kami tetap akan mengusahakan kalian semua bisa kembali dengan jalan lain. Misi ini hanya akan dianggap berhasil apabila sang merpati telah hinggap,” kata mantan Djoko Poerwoko, salah satu anggota tim dalam buku biografinya berjudul “Menari di Angkasa”.

Seluruh identitas prajurit yang dikirim ke Israel di buang di laut Singapura. Bahkan, untuk menjaga kerahasiaan penyebutan Israel diganti menjadi Arizona, negara bagian Amerika Serikat. Begitu juga korespondensi juga diarahkan ke Kantor Atase Pertahanan KBRI Washington.

”Kami awalnya terbang ke Frankfurt menggunakan Lufthansa. Setelah beberapa kali ganti pesawat akhirnya tiba di Bandara Ben Gurion, Tel Aviv. Di sana para pilot langsung digiring petugas tanpa sempat menyerahkan surat jalan laksana paspor. Betapa hebatnya agen rahasia Mossad yang dapat cepat mengenali penumpang gelap tanpa paspor,” ucapnya.

Latihan terbang para pilot dalam Operasi Alpha berakhir pada 20 Mei 1980. Para penerbang gembira tapi tak lama, karena brevet dan ijazah pendidikan selama enam bulan dibakar oleh perwira intelijen penghubung di depan mata mereka. Tidak hanya itu, seluruh barang milik para penerbang juga dibakar termasuk peta navigasi dan peta perjalanan. ”Mereka berpesan tidak ada bukti kalau kalian pernah ke sini,” kata Djoko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)